Kompas.com - 21/10/2020, 14:26 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Olahraga menjadi salah satu aspek yang perlu dilakukan secara rutin jika kita ingin menurunkan berat badan.

Bagi yang tidak terbiasa berolahraga, rutinitas bisa dimulai dengan gerakan ringan, seperti jalan kaki.

Kita sering mendengarkan anjuran jalan kaki 10.000 langkah setiap harinya, jika ingin menjaga kesehatan.

Lalu, berapa langkah kita harus berjalan kaki untuk mempertahankan berat badan ideal?

Dilansir Eat This, Not That! sebuah penelitian yang dipublikasikan di The International Journal of Obesity menemukan bahwa 15.000 langkah setiap harinya adalah jumlah akurat yang harus kita capai setiap harinya. 

Para peneliti dari University of Warwick, Inggris mendapatkan kesimpulan itu setelah membandingkan kehidupan kantor yang tidak banyak bergerak (sedentary) dengan para pembawa surat.

Para peneliti menemukan, pekerja layanan pos yang berjalan setidaknya 15.000 langkah (sekitar tiga jam sehari atau 11,2 km), memiliki indeks massa tubuh (BMI), ukuran lingkar pinggang dan profil metabolik normal.

Mereka juga satu-satunya pekerja yang secara efektif tidak memiliki risiko tinggi penyakit jantung.

Di sisi lain, pekerja yang duduk hampir setiap hari atau sekitar 15 jam, memiliki lingkar pinggang yang lebih besar, BMI yang lebih tinggi, kontrol gula darah dan profil kolesterol yang lebih buruk, serta memiliki risiko penyakit jantung tertinggi.

Namun, jangan terburu-buru membuat kesimpulan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X