Kompas.com - 21/10/2020, 19:07 WIB
Ilustrasi pemakaian sheet mask. ShutterstockIlustrasi pemakaian sheet mask.

KOMPAS.com – Beberapa waktu belakangan sheet mask atau masker wajah berupa lembaran tisu menjadi salah satu produk perawatan kulit yang banyak diminati.

Sheet mask mengandung essence dan bahan aktif lainnya yang mampu menghidrasi dan menjaga kelembapan kulit. Selain itu, sheet mask juga bisa memberikan kekenyalan pada kulit.

Cara penggunaan sheet mask pun cukup mudah, yakni hanya ditempelkan ke wajah selama 15-20 menit.

Dermatolog dr Ricky F. Maharis, SpKK menjelaskan, sheet mask yang bersifat melembapkan bisa digunakan setiap hari.

Sheet mask bisa digunakan setiap hari dengan menyesuaikan kondisi kulit. Sebab kondisi kulit bisa berubah-ubah, jadi harus tahu kebutuhannya apa.”

Begitu kata Ricky dalam diskusi kecantikan virtual yang diselenggarakan belum lama ini.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dia menambahkan, setiap produk perawatan kulit memiliki risiko menimbulkan komedo atau menyumbat pori-pori. Oleh karenanya, setiap orang harus mengenali kondisi kulitnya sebelum memakai produk tertentu.

Baca juga: Pentingnya Kenali Kondisi Kulit Sebelum Pakai Sheet Mask

Selain itu, tidak semua sheet mask memiliki fungsi yang sama. Ada sheet mask yang mengandung acid dan bertindak sebagai eksfoliator.

Untuk tipe sheet mask seperti ini tidak disarankan penggunaan setiap hari. Alasannya karena bisa membuat kulit iritasi dan kemerahan.

Ricky juga mengatakan, sheet mask sebaiknya digunakan malam hari sebelum tidur agar penetrasi bahan aktif ke kulit menjadi lebih optimal. Dengan begitu efek melembapkannya pun akan lebih baik.

Selain sheet mask, produk perawatan kulit yang biasa digunakan untuk menghidrasi kulit adalah pelembap. Lantas, apakah sehabis memakai sheet mask kulit tetap membutuhkan pelembap?

Menurut Ricky hal ini tergantung dari tipe kulit masing-masing orang. Apabila tipe kulitnya sangat kering, maka tidak masalah memakai pelembap sehabis menggunakan sheet mask.

“Tapi kalau kulitnya berminyak dan rasanya sudah cukup terhidrasi dengan sheet mask enggak pakai pelembap juga enggak apa-apa,” imbuhnya.

Baca juga: Jerawatan Setelah Pakai Sheet Mask, Tanda Produk Tidak Cocok?



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X