Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar Efektif Cegah Penularan Virus, Jangan Asal Pilih Masker

Kompas.com - 21/10/2020, 19:21 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com – Masker kini menjadi barang yang dibutuhkan untuk mencegah penularan Covid-19. Namun, efektif tidaknya masker dalam menangkal penularan dipengaruhi oleh beberapa hal, termasuk bahan masker.

Beberapa waktu lalu Satgas Covid-19 menyebutkan masker dari bahan scuba atau buff sangat tidak efektif karena hanya terdiri dari satu lapis dan tipis.

Untuk penggunaan sehari-hari, masker kain tiga lapis dianggap efektif menahan percikan dari hidung dan mulut saat berbicara.

“Sebagaimana yang direkomendasikan oleh WHO maupun Badan Standarisasi Nasional, setidaknya masker kain harus memiliki struktur tiga lapis dan nilai efisiensi filtrasi bakteri mau pun partikel minimum sebesar 60 persen,” kata dr.Alfi Auliya Rachman, mitra dokter dari Halodoc dalam acara peluncuran AIRism Mask secara virtual (21/10/2020).

Baca juga: Masker Scuba Hanya Beri Keamanan Semu

Masker AIRism dari Uniqlo.Dok Uniqlo Masker AIRism dari Uniqlo.

Salah satu masker tiga lapis yang bisa menjadi pilihan adalah AIRism Mask dari Uniqlo. Produk yang diluncurkan di Jepang pada Juni lalu kini sudah hadir di Indonesia.

Marketing Manager Uniqlo Indonesia, Evy Christina menjelaskan, masker unggulan dari Uniqlo ini memiliki struktur tiga lapis dengan nano filter di bagian tengah.

“Masker ini memiliki nilai efisiensi filtrasi bakteri dan partikel sebesar 99 persen yang mampu menghalangi masuknya percikan air dan melindungai dari bakteri dan partikel yang terkontaminasi virus,” kata Evy.

Baca juga: Material Terbaik untuk Masker Kain

Filter tersebut dibalut dengan kain mesh berteknologi AIRism yang lembut dan tidak membuat sesak saat dipakai. Struktur mesh atau jaring juga memastikan maskter tetap ringan dan tipis.

Ditambahkan oleh Evy, masker AIRism juga memiliki perlindungan terhadap sinar ultraviolet sehingga cocok dipakai di Indonesia yang mataharinya bersinar sepanjang tahun.

“Masker ini juga telah melewati pengujian di Jepang berdasarkan beberapa parameter yang ditentukan oleh Badan Standarisasi Nasional,” katanya.

Tersedia dalam tiga ukuran dan dua pilihan warna, yaitu hitam dan putih, masker AIRism ini juga bisa dicuci tangan atau pun mesin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com