Agar Efektif Cegah Penularan Virus, Jangan Asal Pilih Masker

Kompas.com - 21/10/2020, 19:21 WIB
Presenter Melanie Putria Dok UniqloPresenter Melanie Putria

KOMPAS.com – Masker kini menjadi barang yang dibutuhkan untuk mencegah penularan Covid-19. Namun, efektif tidaknya masker dalam menangkal penularan dipengaruhi oleh beberapa hal, termasuk bahan masker.

Beberapa waktu lalu Satgas Covid-19 menyebutkan masker dari bahan scuba atau buff sangat tidak efektif karena hanya terdiri dari satu lapis dan tipis.

Untuk penggunaan sehari-hari, masker kain tiga lapis dianggap efektif menahan percikan dari hidung dan mulut saat berbicara.

“Sebagaimana yang direkomendasikan oleh WHO maupun Badan Standarisasi Nasional, setidaknya masker kain harus memiliki struktur tiga lapis dan nilai efisiensi filtrasi bakteri mau pun partikel minimum sebesar 60 persen,” kata dr.Alfi Auliya Rachman, mitra dokter dari Halodoc dalam acara peluncuran AIRism Mask secara virtual (21/10/2020).

Baca juga: Masker Scuba Hanya Beri Keamanan Semu

Masker AIRism dari Uniqlo.Dok Uniqlo Masker AIRism dari Uniqlo.

Salah satu masker tiga lapis yang bisa menjadi pilihan adalah AIRism Mask dari Uniqlo. Produk yang diluncurkan di Jepang pada Juni lalu kini sudah hadir di Indonesia.

Marketing Manager Uniqlo Indonesia, Evy Christina menjelaskan, masker unggulan dari Uniqlo ini memiliki struktur tiga lapis dengan nano filter di bagian tengah.

“Masker ini memiliki nilai efisiensi filtrasi bakteri dan partikel sebesar 99 persen yang mampu menghalangi masuknya percikan air dan melindungai dari bakteri dan partikel yang terkontaminasi virus,” kata Evy.

Baca juga: Material Terbaik untuk Masker Kain

Filter tersebut dibalut dengan kain mesh berteknologi AIRism yang lembut dan tidak membuat sesak saat dipakai. Struktur mesh atau jaring juga memastikan maskter tetap ringan dan tipis.

Ditambahkan oleh Evy, masker AIRism juga memiliki perlindungan terhadap sinar ultraviolet sehingga cocok dipakai di Indonesia yang mataharinya bersinar sepanjang tahun.

“Masker ini juga telah melewati pengujian di Jepang berdasarkan beberapa parameter yang ditentukan oleh Badan Standarisasi Nasional,” katanya.

Tersedia dalam tiga ukuran dan dua pilihan warna, yaitu hitam dan putih, masker AIRism ini juga bisa dicuci tangan atau pun mesin.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X