Ini Kesalahan dalam Menggunakan Hand Sanitizer yang Perlu Diketahui

Kompas.com - 21/10/2020, 20:39 WIB
Ilustrasi hand sanitizer ShutterstockIlustrasi hand sanitizer
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Selama berbulan-bulan, orang-orang menggunakan hand sanitizer untuk membersihkan tangan setelah menyentuh apapun di tempat umum.

Kita semua tahu hand sanitizer dapat membantu membunuh kuman, termasuk virus Covid-19, tetapi mungkin ada beberapa kesalahan besar yang dilakukan saat menerapkan produk tersebut.

"Tidak diragukan lagi bahwa hand sanitizer berguna mengurangi penyebaran penyakit menular. Namun, ini bukanlah obat untuk semua," kata seorang ahli epidemiologi di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Adelphi, K.C. Rondello.

Menurutnya, ada banyak batasan dalam penggunaan hand sanitizer sehingga konsumen harus menyadari peringatan ini agar dapat menggunakannya dengan cara yang paling efektif.

Berikut beberapa kesalahan menggunakan hand sanitizer dan cara pemakaiannya yang tepat seperti dilansir dari laman Huffpost.

1. Menggunakan jenis yang salah

Tidak semua hand sanitizer dibuat sama. Rondello merekomendasikan penggunaan pembersih yang mengandung setidaknya 60% etil alkohol atau 70% isopropil alkohol karena paling efektif menghilangkan kuman.

Kita juga harus membaca label produk untuk mengetahui apakah bahan aktifnya dapat membunuh bakteri dan virus atau tidak.

"Menggunakan produk yang hanya bersifat bakterisidal dapat memberi kita rasa aman yang salah karena tidak memberikan perlindungan dari patogen virus seperti Covid-19," katanya.

"Produk ini mungkin memiliki beberapa kegunaan dalam menghilangkan bau dan kotoran yang terlihat, tetapi tidak akan memiliki efek yang berarti pada Covid-19," dia menambahkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Huffpost
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X