Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali Buah Lokal yang Mengandung Vitamin dan Mineral Tinggi

Kompas.com - 22/10/2020, 20:11 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Buah-buahan merupakan sumber mikronutrien yang diperlukan untuk pembentukan hormon, aktivitas enzim, menambah energi, imunitas dan sebagai antioksidan.

Selain itu, buah juga memiliki kandungan vitamin, mineral, zat besi, dan serat yang berguna untuk mengatasi masalah pencernaan.

Sehingga, mengonsumsi buah secara rutin dapat menyehatkan dan memberikan kita energi secara alami ketika hendak memulai aktivitas sehari-hari.

Dokter spesialis gizi klinis, dr. Florentina M. Rahardja, M.Gizi, Sp.GK menganjurkan kita untuk makan beragam buah-buahan 4-5 porsi sehari, terutama di masa pandemi Covid-19.

Dalam virtual pers conference Sunpride melalui aplikasi Zoom, Kamis (22/10/2020), dia pun memaparkan macam-macam buah lokal dengan kandungan vitamin dan mineral tinggi berikut ini.

1. Pisang

Buah yang satu ini sudah pasti sering dikonsumsi oleh masyarakat karena mudah dimakan dan dapat ditemukan di mana saja.

Pisang juga baik dikonsumsi bagi penderita diabetes karena indeks glikemiknya rendah. Selain itu, kandungan antioksidannya dapat mencegah kita dari penyakit kanker.

Baca juga: Mengapa Kita Dianjurkan Makan Pisang Saat Diare?

2. Jambu Merah

Selama ini, kita mengenal jeruk sebagai buah yang kaya akan vitamin C. Namun ternyata, jambu merah justru memiliki kandungan vitamin C yang tinggi yakni sebesar 226,59 mg.

Jambu merah berkhasiat untuk membantu proses penyembuhan luka, membantu penyerapan zat besi non heme, dan sintesis kolagen yang berperan penting menjaga kesehatan kulit.

3. Pepaya

Beberapa orang mungkin ada yang kurang menyukai buah pepaya karena baunya yang tidak begitu sedap.

Namun di balik baunya, buah pepaya bermanfaat melancarkan pencernaan, mencegah konstipasi dan menghasilkan beta karoten atau vitamin A.

Beta karoten sangat penting untuk meningkatkan imunitas, kesehatan mata serta kulit. Sebagai antioksidan, beta karoten juga berperan dalam melindungi sel tubuh dari efek radikal bebas.

Baca juga: Benarkah Pepaya Bisa Redakan Sembelit?

4. Nanas

Nanas dikenal sebagai ratunya buah-buahan karena memiliki mahkota. Sama seperti yang lain, nanas mengandung vitamin C, serat, zat besi dan kalsium.

Buah yang satu ini memiliki kandungan enzim bromelain yang merupakan anti peradangan alami. Mengonsumsi nanas bisa memecah protein dalam makanan agar mudah diserap oleh tubuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com