Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kopi dan Teh Hijau Bisa Turunkan Risiko Kematian karena Diabetes?

Kompas.com - 23/10/2020, 06:06 WIB
Maria Adeline Tiara Putri,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber FOXNEWS

KOMPAS.comDiabetes sering kali disebut sebagai silent killer. Hal ini dikarenakan penyakit tersebut datang tanpa disadari dan komplikasi diabetes dapat menyebabkan kematian.

Namun, menjaga pola makan dan rutin berolahraga bisa membantu pasien diabetes hidup lebih sehat.

Berbicara soal pola makan, studi observasi terbaru menemukan minum kopi dan teh hijau dapat menurunkan risiko kematian bagi pasien diabetes tipe 2.

Hasil studi yang diterbitkan dalam jurnal online BMJ Open Diabetes Research & Care didapatkan setelah peneliti menganalisis kesehatan 4.923 orang di Jepang.

Para peserta penelitian diamati selama lima tahun dan diminta mengisi kuesioner. Dalam kuesioner tersebut terdapat 58 pertanyaan tentang kebiasaan makan dan minum termasuk jumlah teh hijau dan kopi yang diminum setiap hari.

Peserta penelitian juga memberikan informasi tentang rutinitas olahraga, kebiasaan merokok atau minum alkohol, serta waktu tidur.

Dari hasil analisis didapatkan data para peserta yang rutin minum satu atau kedua minuman tersebut memiliki risiko kematian yang lebih rendah apapun penyebabnya.

Baca juga: Segudang Manfaat Teh Hijau untuk Umur Lebih Panjang

Lebih lanjut peneliti menjelaskan, mereka yang minum satu cangkir teh hijau per hari risiko kematiannya 15 persen lebih rendah. Semakin banyak jumlah yang diminum, maka risiko kematiannya lebih rendah.

Pada peserta yang minum dua sampai tiga cangkir teh hijau, risiko kematiannya menjadi 27 persen lebih rendah. Sedangkan untuk yang minum empat cangkir atau lebih teh hijau risikonya 40 persen lebih rendah.

Hal yang sama juga dirasakan oleh peserta penelitian yang rutin minum kopi. Mereka yang mengonsumsi satu cangkir per hari memiliki risiko kematian 12 persen lebih rendah.

Sedangkan mereka yang minum kopi sebanyak dua cangkir atau lebih risiko kematiannya 41 persen lebih rendah.

“Risiko kematian bahkan lebih rendah bagi mereka yang minum teh hijau dan kopi setiap hari,” tulis peneliti dalam keterangan resminya seperti dikutip Fox News.

Baca juga: Minum Kopi Empat Cangkir Sehari untuk Hidup Lebih Sehat

Bagi mereka yang minum masing-masing dua cangkir kopi dan teh hijau, risiko kematiannya menurun hingga 51 persen. Sedangkan untuk yang minum masing-masing empat cangkir, risikonya 63 persen lebih rendah.

Peneliti menyebutkan, pasien diabetes tipe 2 lebih rentan terhadap penyakit kardiovaskular, demensia, kanker, dan patah tulang.

Walaupun semakin banyak obat yang efektif, modifikasi gaya hidup seperti olahraga dan diet tetap menjadi landasan pengobatan.

Dari penelitian sebelumnya juga dikatakan minum kopi dan teh hijau secara teratur bisa bermanfaat bagi kesehatan karena keduanya mengandung berbagai senyawa bioaktif.

Ada pula penelitian yang mengatakan kopi dan teh hijau memberikan efek bagi pasien diabetes.

"Studi kohort prospektif ini menunjukkan konsumsi teh hijau dan kopi yang lebih banyak secara signifikan menurunkan risiko kematian apapun penyebabnya,” tulis para peneliti menyimpulkan.

Kendati demikian, studi ini memiliki keterbatasan karena keterkaitan minuman tersebut dengan diabetes tidak dijelaskan lebih lanjut. Selain itu, peneliti masih melihat ketergantungan secara subjektif.

Baca juga: Intermittent Fasting Turunkan Risiko Penyakit Jantung dan Diabetes?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber FOXNEWS
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com