5 Tips Jitu Ubah Pola Makan Jadi "Plant Based", Sehat dan Hemat Uang

Kompas.com - 23/10/2020, 17:19 WIB
. SHUTTERSTOCK.

KOMPAS.com - Selain lebih sehat, mengubah pola makan ke sumber nabati (plant based) sebenarnya lebih murah jika dibandingkan dengan mengonsumsi daging.

Ahli gizi Marisa Moore mengatakan, beralih ke pola makan plant based merupakan cara yang sehat, seimbang, dan terjangkau.

Moore mengaku telah menjadi vegan dan vegetarian sejak lama, dan dia tidak mempraktikkan pendekatan diet khusus apa pun saat ini, selain makan dengan sehat.

Dia banyak menyarankan kliennya untuk melakukan hal yang sama melalui pola makan nabati yang didapatkan dari sayuran, buah, kacang-kacangan, biji-bijian, dan ikan.

Baca juga: Starbucks Punya Minuman Plant-Based Ramah Lingkungan, Apa Itu?

Lebih lanjut, Moore merekomendasikan lima tips jitu untuk memulai pola makan plant based, sekaligus bagaimana menghemat uang.  

1. Mulailah dengan perlahan

Ketika ingin memulai mengonsumsi plant based, pastikan motivasinya adalah untuk kesehatan agar pola makan dapat dilakukan secara konsisten.

Selain itu, mulailah dengan perlahan. Misalnya, dalam seminggu, pilih satu hari yang benar-benar fokus untuk mengonsumsi makanan tanpa daging.

"Perlahan-lahan, saya mendorong para klien untuk menambahkan lebih banyak makanan nabati dari waktu ke waktu."

"Tanpa terasa mereka akan terbiasa sendiri," ujar dia.

2. Melakukan sedikit percobaan

Sebelum mengubah pola makan plant based secara keseluruhan, ada baiknya kita untuk melakukan sedikit percobaan dulu.

Halaman:


Sumber the Beet
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X