Jangan Biasakan Anak Minum Susu di Botol hingga Tertidur, Mengapa?

Kompas.com - 23/10/2020, 21:48 WIB
Ilustrasi shutterstockIlustrasi

KOMPAS.com – Orangtua kerap memberikan susu kepada anak untuk mendukung pertumbuhannya.

Beberapa orangtua ada yang terbiasa memberikan susu di dalam botol ketika anak hendak tidur.

Sayangnya, kebiasaan ini dapat menyebabkan masalah pada gigi anak. Sebab bisa saja anak tertidur setelah menghabiskan susu di botol, tanpa menyikat gigi terlebih dahulu.

Baca juga: Gigi Anak Tak Kunjung Tumbuh, Haruskah Khawatir?

Dokter gigi spesialis kedokteran gigi anak, Avianti Hartadi menjelaskan, susu mengandung gula yang apabila menempel di gigi dan tidak dibersihkan memicu terjadinya gigi berlubang.

“Bakteri di mulut mengubah gula tadi menjadi asam, sehingga membuat gigi berlubang,” ujar Avianti dalam webinar " Gigi Anak Sehat Selama Pandemi", Jumat (23/10/2020).

Demi mencegah kondisi ini, dokter yang berpraktik di RS Pondok Indah Bintaro Jaya itu menyarankan agar anak menyikat gigi sebelum tidur.

Jangan biarkan anak meminum susu di botol hingga tertidur.

Gunakan pula dental flossing untuk pembersihan ganda pada gigi anak. Kondisi gigi anak bisa saja membuat sisa makanan dan minuman terselip walau sudah menyikat gigi.

Baca juga: Awas, Kebiasaan Buruk Bisa Bikin Gigi Anak Tonggos

Membersihkan gigi dengan dental flossing sebaiknya dilakukan setelah sikat gigi malam agar tidak ada sisa makanan yang terbawa tidur.

Selain itu, orangtua juga perlu melatih anak untuk minum susu di gelas sebelum anak berusia dua tahun.

Dengan begitu anak terbiasa untuk tidak langsung tidur sehabis minum susu dan bisa menyikat gigi terlebih dahulu.

Sementara itu, untuk anak usia di bawah dua tahun yang masih minum ASI tengah malam, orangtua paling tidak harus menyiapkan air putih dan kasa di sekitar tempat tidur.

Baca juga: Menyusui Lebih dari 2 Tahun Tak Terkait dengan Gigi Anak Berlubang

“Jadi setelah anak minum susu, orangtua bisa membersihkan rongga mulut anak dengan kasa yang sudah dibasahi dengan air putih,” imbuh Avianti.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X