Kompas.com - 24/10/2020, 14:09 WIB
Desain interior rumah Skandinavian minimalis karya Miveworks dan Andpartners Studio. www.arsitag.comDesain interior rumah Skandinavian minimalis karya Miveworks dan Andpartners Studio.

KOMPAS.com – Banyaknya barang di rumah dapat membuat rumah terlihat ‘sumpek’. Hal ini mungkin saja merusak mood penghuni rumah yang tinggal di dalamnya.

Padahal pandemi Covid-19 membuat fungsi rumah bertambah. Tak hanya sebatas untuk beristirahat, rumah kini menjadi tempat untuk sekolah, kerja, ibadah, olahraga, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk merapikan tumpukan barang agar rumah terlihat lebih lapang sehingga nyaman untuk ditinggali.

Merapikan tumpukan barang juga bisa menciptakan suasana baru yang menaikkan mood. 

Pemilik akun @HomuLiving, Mima Anisakusuma membagikan tips agar rumah lebih nyaman walaupun banyak barang. Pertama, masukkan barang ke boks agar lebih rapi.

“Banyak model boks seperti keranjang atau rotan yang desainnya bagus dan bisa dipakai supaya tumpukan barang enggak kelihatan,” saran Mima dalam webinar ‘Tips Membangun Rumah Bagi Pasangan Milenial’ yang diadakan Tokopedia (23/10/2020).

Baca juga: Begini... Trik Menyimpan Barang Tanpa Perlu Menyembunyikan!

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Cabinet penyimpanan barang di kamar mandi
www.home-designing.com Cabinet penyimpanan barang di kamar mandi

Menurutnya, boks penyimpanan bisa memperindah dekorasi rumah sekaligus fungsional sebagai tempat meletakkan barang.

Contohnya boks penyimpanan yang terbuat dari anyaman rotan atau eceng gondok. Apabila boks ini diletakkan di sudut rumah atau di tempat tertentu, bisa memberikan kesan artistik.

Selain boks penyimpanan, bila ada biaya lebih, Mima menyarankan untuk membuat lemari yang tingginya mencapai langit-langit rumah. Lemari besar bisa menyimpan lebih banyak barang.

Perempuan yang desain rumahnya dikagumi di media sosial ini mengaku dirinya termasuk orang yang memiliki banyak barang.

Baca juga: Kiat Menata Barang di Kamar Sempit agar Tampak Lapang

Tapi ketika orang lain masuk ke rumahnya, mereka merasa nyaman karena rumah Mima seperti tidak ada tumpukan barang.

“Semua itu karena aku masukan barang yang enggak dibutuhkan ke laci dan lemari,” imbuh Mima.

Baginya tempat penyimpanan adalah kebutuhan nomor satu di rumah. Tempat penyimpanan berfungsi untuk menaruh barang-barang yang sebenarnya dibutuhkan tapi belum mau dipakai untuk saat ini. Hal itu membuat rumah tidak terlihat berantakan dan sumpek.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.