Cara Mengajarkan Sikat Gigi yang Benar Pada Anak

Kompas.com - 24/10/2020, 18:00 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com – Karies atau gigi berlubang termasuk masalah gigi yang banyak dialami oleh anak-anak. Walau begitu, masalah gigi ini tak bisa dianggap sepele.

Karies yang tidak tertangani dengan baik berpengaruh terhadap status gizi anak. Sebab karies dapat menyebabkan rasa ngilu yang membuat anak tidak nafsu makan.

Selain itu, sebenarnya karies pada anak bisa dicegah. Caranya cukup mudah yakni dengan menyikat gigi minimal dua hari sekali.

Sikat gigi harus sudah mulai dilakukan bahkan sejak gigi anak belum tumbuh. Sebab ASI juga bisa mengotori rongga mulut anak hingga memicu pertumbuhan bakteri.

Dijelaskan oleh dokter gigi spesialis kedokteran gigi anak Avianti Hartadi, pada bayi yang belum tumbuh gigi cara membersihkan rongga mulut cukup sederhana.

Orangtua hanya membutuhkan kasa yang dibasahi air putih. Kemudian kasa itu dililitkan ke jari telunjuk.

Baca juga: Ini Akibatnya Jika Hanya Sikat Gigi Sekali Sehari

"Setelah itu bersihkan lidah, gusi, dan seluruh area rongga mulut anak," ujar Avianti dalam webinar 'Gigi Anak Sehat Selama Pandemi'  beberapa waktu lalu.

Pasta gigi

Pada anak yang giginya mulai tumbuh, sudah bisa dibersihkan menggunakan sikat gigi dan pasta gigi yang mengandung fluoride.

Dari gigi anak tumbuh hingga usia tiga tahun, pilihlah sikat gigi berukuran kecil dengan bulu yang lembut. Selain itu, gunakan pasta gigi fluoride seukuran biji beras.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X