Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/10/2020, 19:00 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber People

KOMPAS.com—Bros emas bertabur batu ruby termasuk  perhiasan favorit Ratu Elizabeth. Tak hanya cantik, bros ini juga memiliki nilai sentimental lain, yakni pemberian dari Pangeran Philip.

Bros tersebut merupakan hasil karya mendiang Andrew Grima, desainer perhiasan kerajaan pada 1970-an.

Karya-karya ikonik desainer bisa dilihat dalam buku Andrew Grima: The Father of Modern Jewellery. Hasil karyanya banyak menghiasi tubuh para bangsawan dan selebritas, seperti Jackie Onassis hingga Putri Margareth.

Desainnya yang berani dan flamboyan, yang tidak biasa pada periode pasca-perang, membuatnya diberi julukan "Raja Bling”.

Andrew juga menjadi pesohor untuk brandnya sendiri dan memenangkan rekor 11 De Beers Diamonds International Awards (seperti Piala Oscar dari dunia perhiasan).

Buku yang diterbitkan oleh ACC Art Books dan diterbitkan pada 30 Oktober itu memuat banyak gambar yang belum pernah dilihat sebelumnya dari arsip Andrew dan kisah kehidupan desainer dan kariernya yang luar biasa.

Andrew sendiri belajar secara otodidak, ia bergabung dengan firma perhiasan kecil milik ayah mertuanya pada tahun 1946.

Sementara para bangsawan mungkin memiliki koleksi perhiasan bersejarah terbesar di dunia, baik Margaret dan saudara perempuannya, Ratu Elizabeth, menyukai karya kontemporer inovatif desainer kelahiran Italia itu.

Baca juga: Aksesoris yang Tak Pernah Ditinggalkan Ratu Elizabeth II

Margaret memiliki beberapa bros yang sering dipakainya sepanjang hidupnya. Pada tahun 1967, dia meminta Andrew membuatkan bros dari sepotong lumut yang dia temukan di Balmoral dan memakainya dalam potret keluarga tahun itu.

Ruby dan berlian

Faktanya, salah satu bros Ratu yang paling banyak dipakai adalah perhiasan emas dan ruby dari Andrew.

Bros "Ruby Venus" itu bertatahkan emas dan dihiasi rubi dan berlian yang merupakan pemberian sang suami, Pangeran Philip pada tahun 1966.

Ratu memakainya untuk beberapa siaran hari Natal tahunannya dan untuk foto resmi untuk menandai ulang tahun pernikahannya yang ke 70.

Baca juga: Cerita di Balik Cincin Pertunangan Ratu Inggris yang Harganya Fantastis

Yang terbaru, pada minggu lalu, Ratu memakainya lagi bersama dengan mantel merah muda pucat untuk menghadiri sebuah pertunangan bersama Pangeran William di Salisbury.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber People
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com