Teh Hijau dan Kopi Menurunkan Risiko Kematian pada Orang Diabetes

Kompas.com - 25/10/2020, 11:49 WIB
Ilustrasi minum teh ala korea Shutterstock/rainsoopIlustrasi minum teh ala korea
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Orang dengan diabetes tipe 2 memang lebih rentan terhadap penyakit peredaran darah, demensia, kanker, dan patah tulang.

Meskipun semakin banyak obat yang efektif, modifikasi gaya hidup, seperti olahraga dan diet tetap menjadi landasan pengobatan.

Namun, ada penelitian yang mengatakan, bahwa minum teh hijau dan kopi secara teratur dapat bermanfaat bagi penderita diabetes tipe 2 karena berbagai senyawa bioaktif yang dikandung dua minuman tersebut.

Teh hijau mengandung beberapa senyawa antioksidan dan antiinflamasi, termasuk fenol dan theanine, serta kafein. Kopi juga mengandung banyak komponen bioaktif yakni fenol.

Penelitian itu memperlihatkan, minum 4 atau lebih cangkir teh hijau setiap hari ditambah 2 cangkir atau lebih kopi dapat mengurangi risiko kematian akibat diabetes tipe 2 sebanyak 63% selama 5 tahun terakhir.

Baca juga: Rajin Minum Teh Hijau Memperpanjang Umur

Sayangnya, tidak banyak peserta yang mengidap diabetes tipe 2 dilibatkan ke dalam penelitian itu.

Maka, para peneliti memutuskan untuk mengeksplorasi kembali potensi dampak teh hijau dan kopi terhadap risiko kematian di antara orang-orang dengan kondisi tersebut.

Mereka pun melacak kesehatan 4.923 orang Jepang (2.790 pria, 2.133 wanita) dengan diabetes tipe 2 (usia rata-rata 66 tahun) selama lebih dari 5 tahun.

Semuanya telah terdaftar di The Fukuoka Diabetes Registry, sebuah studi prospektif multisenter yang mengamati pengaruh perawatan obat dan gaya hidup pada umur pasien yang mengidap diabetes tipe 2.

Mereka masing-masing mengisi kuesioner makanan dan minuman berisi 58 item yang mencakup pertanyaan tentang berapa banyak teh hijau dan kopi yang mereka minum setiap hari.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X