Mencegah Penuaan Dini Tanpa Pergi ke Klinik Kecantikan

Kompas.com - 25/10/2020, 13:42 WIB
Ilustrasi makan makanan sehat shutterstockIlustrasi makan makanan sehat
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Menjadi tua adalah salah satu bagian hidup yang mungkin dibenci sebagian orang. Seiring bertambahnya usia, kita akan mulai mengalami gejala penuaan seperti kulit mengendur, muncul kerutan, dan rambut rontok.

Namun berbagai cara dapat dilakukan untuk mencegah penuaan dini. Salah satu cara paling mudah yang bisa kita lakukan untuk mencegah penuaan dini yaitu dengan mengonsumsi makanan-makanan tertentu.

Ada banyak makanan bisa dikonsumsi untuk membantu mencegah penuaan dini. Kemampuan ini tidak lepas dari kandungan nutrisi di dalamnya yang baik untuk kesehatan kulit sehingga membuat kita menjadi terlihat awet muda.

Baca juga: Rahasia Agar Pria Tetap Awet Muda di Usia Senja

Berikut ini sejumlah makanan yang dapat kita konsumsi untuk membantu mencegah penuaan dini:

1. Ikan berlemak

Ikan dengan kandungan lemak omega-3 seperti salmon mempunyai kandungan antioksidan karotenoid bernama astaxanthin yang dapat membantu mengurangi dampak kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari.

Menurut penelitian, orang dengan kerusakan kulit akibat sinar matahari yang diberi kombinasi antara astaxanthin dan kolagen selama 12 minggu mengalami peningkatan signifikan dalam segi elastisitas dan hidrasi kulitnya.

Selain baik untuk kesehatan kulit, ikan yang mengandung lemak omega-3 dapat membantu tubuh melawan penyakit kronis, seperti permasalahan jantung dan pembuluh darah.

Baca juga: 10 Manfaat Makan Ikan yang Menyehatkan bagi Tubuh

2. Cokelat hitam

Mengandung antioksidan flavonoid, mengonsumsi cokelat hitam (dark chocolate) membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

Halaman:


Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X