Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mencegah Penuaan Dini Tanpa Pergi ke Klinik Kecantikan

Kompas.com - 25/10/2020, 13:42 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Menjadi tua adalah salah satu bagian hidup yang mungkin dibenci sebagian orang. Seiring bertambahnya usia, kita akan mulai mengalami gejala penuaan seperti kulit mengendur, muncul kerutan, dan rambut rontok.

Namun berbagai cara dapat dilakukan untuk mencegah penuaan dini. Salah satu cara paling mudah yang bisa kita lakukan untuk mencegah penuaan dini yaitu dengan mengonsumsi makanan-makanan tertentu.

Ada banyak makanan bisa dikonsumsi untuk membantu mencegah penuaan dini. Kemampuan ini tidak lepas dari kandungan nutrisi di dalamnya yang baik untuk kesehatan kulit sehingga membuat kita menjadi terlihat awet muda.

Baca juga: Rahasia Agar Pria Tetap Awet Muda di Usia Senja

Berikut ini sejumlah makanan yang dapat kita konsumsi untuk membantu mencegah penuaan dini:

1. Ikan berlemak

Ikan dengan kandungan lemak omega-3 seperti salmon mempunyai kandungan antioksidan karotenoid bernama astaxanthin yang dapat membantu mengurangi dampak kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari.

Menurut penelitian, orang dengan kerusakan kulit akibat sinar matahari yang diberi kombinasi antara astaxanthin dan kolagen selama 12 minggu mengalami peningkatan signifikan dalam segi elastisitas dan hidrasi kulitnya.

Selain baik untuk kesehatan kulit, ikan yang mengandung lemak omega-3 dapat membantu tubuh melawan penyakit kronis, seperti permasalahan jantung dan pembuluh darah.

Baca juga: 10 Manfaat Makan Ikan yang Menyehatkan bagi Tubuh

2. Cokelat hitam

Mengandung antioksidan flavonoid, mengonsumsi cokelat hitam (dark chocolate) membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

Menurut penelitian, orang-orang yang mendapat banyak asupan flavonoid dalam tubuhnya cenderung punya aliran darah lebih baik menuju kulit.

Tidak hanya itu, flavonoid juga memengaruhi tingkat ketebalan, kehalusan, serta hidrasi kulit menjadi lebih baik.

Untuk memilih cokelat hitam yang mempunyai kandungan flavonoid tinggi, pastikan membeli produk dengan kandungan kakao setidaknya 70 persen.

Baca juga: Nikmati 11 Manfaat Cokelat Hitam Bagi Kesehatan

3. Sayuran

Sayuran dengan kandungan beta-karoten dapat membantu melindungi kita dari radikal bebas dan radiasi matahari yang menyebabkan penuaan kulit.

Selain itu, mengonsumsi sayuran kaya akan vitamin C seperti brokoli dan paprika turut membantu produksi kolagen yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit.

Menurut penelitian di Jepang, wanita yang mengonsumsi sayuran hijau yang kaya kandungan vitamin C cenderung memiliki elastisitas dan kualitas kulit yang baik. Selain itu, mereka juga memiliki jumlah keriput yang lebih sedikit.

Baca juga: Hobi Makan Sayur Kunci Panjang Umur?

4. Alpukat

Senyawa lemak alkohol polihidroksilasi dalam alpukat dapat membantu melawan peradangan dan melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh paparan sinar matahari.

Selain itu, kandungan antioksidan lutein dan zeaxanthin dalam alpukat juga memberikan perlindungan tambahan untuk kesehatan kulit.

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com