Ini Dia Manfaat Berjalan Kaki yang Perlu Kita Ketahui!

Kompas.com - 26/10/2020, 09:21 WIB
Ilustrasi berolahraga ShutterstockIlustrasi berolahraga

KOMPAS.com - Berjalan kaki nampaknya menjadi aktivitas fisik yang paling mudah dan menyenangkan untuk dilakukan jika ingin menurunkan berat badan. Lebih dari itu, ternyata berjalan kaki juga bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan.

Untuk lebih memahaminya, kepala di bidang nutrisi untuk Nucific, dr. Amy Lee akan memaparkan manfaat-manfaatnya sebagai berikut ini, yang dilansir dari laman Eat This Not That.

1. Meningkatkan kesehatan mental

Menurut Lee, memiliki jadwal berjalan kaki yang rutin itu sangat baik untuk kesehatan mental.

Dia juga merekomendasikan kita untuk memiliki teman berjalan dengan waktu yang teratur.

"Kita bisa menurunkan stres dan membiarkan tubuh mengeluarkan endorfin alami yang merupakan hormon yang memberikan perasaan senang," katanya.

Hal yang hebat adalah, endorfin dari jalan-jalan membantu kita merasa sedikit lebih berenergi dan memiliki pola pikir yang lebih baik.

Baca juga: Jalan Kaki Setelah Makan Benarkah Menyehatkan?

2. Menjaga berat badan

Berjalan kaki membantu menjaga berat badan dan tetap sehat, terutama jika kita melakukan jumlah langkah yang tepat setiap hari.

"Data menunjukkan, bahwa ada manfaat bagi kesehatan dan kebugaran secara keseluruhan jika kita bisa melakukan 10.000 langkah sehari," ungkapnya.

"Itu setara dengan jarak sekitar 5 mil, tergantung pada panjang dan langkah kaki," sambung dia.

Jarak standar dan jumlah langkah yang dianggap bermanfaat bagi kesehatan dan kebugaran adalah sekitar 10.000 langkah, termasuk berjalan dari mobil di tempat parkir, naik dan turun tangga di tempat kerja, atau berkeliling untuk melakukan pekerjaan rumah.

Baca juga: 5 Aktivitas Fisik Terbaik, Apa Saja?

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X