Kompas.com - 26/10/2020, 09:40 WIB
ilustrasi karbohidrat kompleks robynmacilustrasi karbohidrat kompleks

KOMPAS.com – Salah satu cara untuk memiliki pola makan sehat adalah dengan memilih karbohidrat yang sehat. Namun, kriteria karbohidrat sehat jangan hanya dilihat berdasarkan indeks glikemiknya saja.

Secara sederhana indeks glikemik (IG) adalah tingkatan atau ranking pangan menurut efeknya terhadap kadar glukosa darah.

Menurut Guru Besar dari Departemen Gizi Masyarakat IPB, Dr.Rimbawan, IG tidak sepenuhnya dapat digunakan untuk memilih karbohidrat yang paling menyehatkan.

“Agar tidak mengalami guncangan gula darah dan tidak cepat lapar terus maka pola makan IG rendah bisa jadi pilihan. Tapi, IG bukan angka mutlak,” katanya dalam acara talkshow nutrisi yang diadakan Herbalife secara virtual (22/10/2020).

Rimbawan menegaskan, indeks glikemik tidak sepenuhnya bisa dipakai jadi ukuran memilih karbohidrat terbaik, sebab tergantung pada jenis makannya.

Baca juga: 4 Tanda Kamu Mengonsumsi Karbohidrat Terlalu Banyak

Ia menambahkan, jika angka IG rendah tetapi jumlahnya banyak maka akhirnya kuantinya tinggi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Kalau indeks glikemiknya tinggi tapi makannya sedikit, tidak akan berdampak pada gula darah,” kata penulis buku Indeks Glikemik Pangan, Cara Mudah Memilih Pangan yang Menyehatkan ini.

Rimbawan mencontohkan buah semangka yang indeks glikemiknya tinggi, tetapi jika kita konsumsi dalam satu takaran saji maka total glikemik responnya tidak besar.

“Sebaliknya dengan cokelat yang kadar IG nya rendah tapi kita makan dalam jumlah banyak maka cepat juga menaikkan gula darah,” imbuhnya.

Pemilihan karbohidrat, menurut Rimbawan, harus mempertimbangkan komponen lain yang ada dalam pangan tersebut, termasuk juga kondisi fisiologi dan patologis seseorang yang mengonsumsi.

Baca juga: Kadar Gula Darah Tinggi Memperburuk Infeksi Covid-19

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.