Ternyata, Jepang adalah Pusat Mode untuk Fesyen Pria, Mengapa?

Kompas.com - 26/10/2020, 16:37 WIB
. Tangkapan layar via DMarge.

KOMPAS.com - Beberapa tempat di dunia dikenal memiliki keahlian dalam gaya berpakaian.

Misalnya, jika disebutkan kota Milan atau Paris, kita langsung mengasosiasikannya dengan fashion week, rumah mode mewah, dan gaun atau setelan jas mewah.

Tak heran jika lalu banyak yang beranggapan bahwa pusat mode dunia terletak di Eropa. Namun faktanya, ibu kota mode dunia bukan di Eropa, melainkan di Asia.

Baca juga: Tampil Minimalis dan Modis dengan Koleksi Uniqlo U

Jepang sudah lama dianggap sebagai negara paling modis di dunia. Masyarakat di sana secara umum dikenal sadar akan fesyen.

Di samping itu, Negeri Matahari Terbit juga menjadi rumah bagi merek-merek seperti Comme des Garcons, fragmen design, Neighborhood, dan Uniqlo.

Jangan lupakan store atau pengecer terkenal di dunia, seperti Beams, atmos dan Dover Street Market.

Bahkan, desainer terkenal seperti Yohji Yamamoto, Jun Takahashi, Issey Miyake, Nigo, dan Kenzo Takada yang baru saja berpulang, semua berasal dari Jepang.

Selera pria Jepang akan mode dipandang sempurna, dan cara mereka berpakaian memiliki pengaruh besar pada gaya modern.

Penggunaan streetwear, workwear, dan item retro sebagai fesyen pria modern di tahun 2020 sebenarnya sudah terlihat di jalanan kota Tokyo pada era 90-an.

Baca juga: Lihat, Koleksi Fesyen Pria Louis Vuitton di Bawah Besutan Virgil Abloh

Budaya sneaker modern --yang mengandalkan rilisan terbatas dan menciptakan hype, juga berawal dari kolektor alas kaki Jepang, yang sudah lama menjadi tujuan nomor satu dunia untuk sneaker langka.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber DMarge
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X