Gairah Seks Hilang Pasca Melahirkan, Bisakah Diatasi?

Kompas.com - 26/10/2020, 23:30 WIB
Ilustrasi depresi pasca melahirkan Shutterstock.comIlustrasi depresi pasca melahirkan

KOMPAS.com - Pasca melahirkan terkadang membuat sebagian perempuan kehilangan gairah seksual.

Ada lantas tidak berselera untuk melakukan hubungan seksual selama berbulan-bulan.

Lantas, apakah kondisi ini merupakan hal yang normal?

Terapis yang juga Direktur Intimacy Institute yang berbasis di Colorado, Amerika Serikat, Jenni Skyler memberikan penjelasannya tentang fenomena ini. 

Baca juga: 5 Tips Kembalikan Gairah Seksual Perempuan Pasca Melahirkan

Dia mengatakan, gairah seksual memang bisa saja hilang setelah melahirkan karena kesibukan mengasuh anak.

Namun, gairah seksual pada wanita setelah melahirkan tetap bisa dikembalikan dengan cara-cara, misalnya sentuhan atau bahasa cinta.

Tetapi jika ada masalah lain yang masih membuat gairah seksual menurun, maka sebaiknya pasangan saling mengutarakan perasaannya.

"Saya biasanya menanyakan bagaimana pasangan sudah saling mencukupi kebutuhan mereka baik secara batin dan biologi," ujar Skyler.

Baca juga: Jangan Nonton Film Porno untuk Cari Gairah Seks, Apa Alasannya?

Dia juga akan memberi pasien daftar kebutuhan hubungan pasangan dan melihat apakah mereka saling terhubung secara emosional.

Setelah pasangan sudah dapat menunjukkan dengan akurat tentang hal-hal yang hilang, selanjutnya tinggal mencari cara untuk memprioritaskan kebutuhan masing-masing.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X