Kaya Nutrisi, Inilah Manfaat Tanaman Lidah Buaya bagi Tubuh

Kompas.com - 27/10/2020, 06:06 WIB
Ilustrasi lidah buaya shutterstockIlustrasi lidah buaya
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Lidah buaya merupakan tanaman sukulen yang dipercaya memiliki banyak manfaat karena bersifat antiinflamasi, antibakteri, dan antivirus.

Belum lagi, lidah buaya juga kaya akan nutrisi, dan bisa dikonsumsi dalam makanan atau jus.

Tanaman ini pun dapat dicerna secara oral atau dioleskan, tergantung pada manfaat kesehatan yang dicari.

Lebih lanjut, inilah yang perlu kita ketahui mengapa lidah buaya sangat bermanfaat dan bagaimana menggunakannya dengan aman dan efektif, dilansir dari laman Insider.

1. Meredakan sengatan matahari

Lidah buaya adalah salah satu pengobatan alami paling populer untuk meredakan sengatan matahari.

Selain itu, tinjauan sistematis tahun 2007 terhadap empat penelitian kecil menemukan, bahwa lidah buaya bermanfaat untuk penyembuhan luka bakar tingkat pertama, kedua, dan mempersingkat waktu penyembuhan secara keseluruhan.

Penggunaan terbaik gel lidah buaya adalah langsung dari tanamannya karena lidah buaya botolan dapat mengandung zat pengurang rasa yakni lidocain yang dapat mengiritasi kulit.

Untuk efek pendinginan lebih ekstra, simpan lidah buaya di lemari es dan gunakan gel dingin saat terbakar sinar matahari.

Baca juga: Lidah Buaya Dapat Mengobati Kulit Terbakar Matahari, Benarkah?

2. Mengurangi penyebab jerawat

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X