Kompas.com - 27/10/2020, 09:26 WIB
Ilustrasi air mawar ShutterstockIlustrasi air mawar

KOMPAS.com – Bunga mawar identik dengan cinta yang membara, namun dalam dunia kecantikan bunga berduri ini merupakan penyelamat bagi kulit. Dimanfaatkan sejak era Cleopatra, hingga kini produk perawatan kulit yang menggunakan ekstra bunga mawar tetap digunakan.

Bagian bunga mawar yang dipercaya berkhasiat bagi kecantikan adalah kelopaknya. Dari kelopak ini akan dihasilkan air mawar (rose water) atau pun minyak mawar (rose oil).

Air mawar secara tradisional disuling dari bunga mawar. Minyak esensial mentah yang ditemukan pada tumbuhan, termasuk mawar, terbuat dari komponen yang menyukai air dan menyukai minyak.

Ketika kelopak mawar disuling untuk membuat minyak esensial dan air mawar (hidrosol), komponen yang menyukai air masuk ke dalam air menjadi hidrosol, dan komponen yang menyukai minyak, yang tidak larut dalam air, menjadi apa yang kita sebut sebagai minyak esensial mawar.

Karena jumlah komponen aktif yang terkandung dalam air mawar jauh lebih rendah daripada minyak esensial, air mawar akan jauh lebih lembut pada kulit dan sistem saraf.

Baca juga: Kulit Wajah Lembab dan Segar dengan Air Mawar

Beberapa penelitian bahwa air mawar mengandung antioksidan, memiliki sifat antibakteri, menutrisi, dan memiliki sifat pereda stres.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk alasan ini, air mawar sering digunakan dalam kabut wajah untuk melembabkan dan "mempercantik" kulit. Aromanya juga sering digunakan untuk mengurangi kecemasan dan meningkatkan perasaan cinta diri.

Rangkaian Wardah Hydra RoseDok Wardah Rangkaian Wardah Hydra Rose

Wardah

Manfaat dari mawar itu juga bisa kita dapatkan dalam produk Signature Series Wardah terbaru, yaitu Wardah Hydra Rose.

Brand Manager of Wardah Face Care, Riva Malida Fadilah, mengatakan rangkaian terbaru ini telah melalui proses riset selama 10 tahun.

Terdiri dari sabun pembersih wajah, toner, serum, krim siang dan krim malam, Riva mengatakan, keistimewaan dari produk ini adalah memberi kelembaban dan memperbaiki lapisan kulit.

Baca juga: Tatjana Saphira Berbagi Rahasia Jaga Kelembapan Kulit Wajah

“Ini merupakan inovasi Wardah, perpaduan fungsi hydrating dan moisturizing dalam satu skin care,” kata Riva.

Ia menambahkan, jenis bunga mawar yang dipilih untuk rangkaian ini adalah Avalanche Rose dari Eropa. Helaian kelopak mawar ini bisa kita lihat dalam produk tonernya.

“Kami menggunakan petal bunga mawar cukup banyak dan dimasukkan dalam botolnya supaya manfaat dari mawarnya tetap ter-infuse,” katanya.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.