BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Milo

Agar Anak Tetap Aktif, Ini Deretan Kegiatan Seru yang Bisa Dilakukan di Rumah

Kompas.com - 27/10/2020, 16:11 WIB
Meski di rumah, anak perlu tetap bergerak aktif agar tumbuh kembangnya maksimal Dok. ShutterstockMeski di rumah, anak perlu tetap bergerak aktif agar tumbuh kembangnya maksimal
|

KOMPAS.com - Memasuki fase adaptasi kebiasaan baru (AKB) atau new normal, berbagai aktivitas kini dapat kembali dilakukan di luar rumah dengan protokol kesehatan tertentu.

Meski demikian, masyarakat disarankan untuk tetap berada di rumah. Pasalnya, pandemi Covid-19 belum berakhir sepenuhnya.

Hal itu tampak dari sebagian institusi pemerintah dan perusahaan masih menerapkan kebijakan work from home (WFH) bagi para pekerjanya. Sekolah-sekolah di kawasan yang ada di zona merah pandemi juga masih menerapkan kegiatan belajar mengajar secara daring.

Situasi tersebut membuat sebagian besar orang menghabiskan waktu di rumah, termasuk anak-anak. Terus-terusan berada di rumah tentu akan menimbulkan rasa bosan bagi anak.

Selain itu, aktivitas fisik anak-anak pun relatif berkurang. Apalagi, anak-anak zaman sekarang lebih betah duduk berlama-lama dengan gadget ketimbang bermain dan melakukan aktivitas fisik.

Laporan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang terbit sebelum pandemi, seperti diberitakan Kompas.com (26/11/2019), menunjukkan bahwa sekitar 81 persen anak dan remaja tidak melakukan aktivitas fisik skala sedang sampai berat setiap hari. Selama pandemi, angka itu bisa saja bertambah.

Hal tersebut bisa berdampak negatif pada anak. Hasil riset The American Journal of Human Biology menunjukkan, anak usia 9-10 tahun yang minim aktivitas fisik memiliki risiko kekurangan koordinasi motorik sembilan kali lebih besar.

Oleh karena itu, sebaiknya orangtua mendorong anak untuk tetap melakukan aktivitas fisik di masa tumbuh kembangnya. Berikut deretan ide aktivitas fisik menyenangkan yang bisa dilakukan bersama anak di rumah.

1. Bersih-bersih rumah

Selain menjaga rumah agar tetap rapi dan nyaman, bersih-bersih rumah juga bisa jadi kegiatan menyenangkan yang dilakukan bersama anak. Mulailah dengan aktivitas-aktivitas sederhana, seperti mencuci piring dan gelas, merapikan sepatu, atau melipat baju.

Dengan melibatkan anak dalam pekerjaan rumah tangga, anak dapat melatih motorik halusnya dan lebih aktif secara fisik. Selain itu, aktivitas itu juga dapat membangun empati dan melatih inisiatif anak untuk saling membantu dalam kehidupan sehari-hari.

2. Olahraga ringan

Tak hanya bagi orang dewasa, olahraga pun memiliki segudang manfaat bagi anak-anak. Beberapa manfaat olahraga bagi anak-anak di antaranya adalah menjaga kesehatan, meningkatkan kecerdasan, dan membangun kepercayaan diri.

Meski di rumah saja, banyak alternatif olahraga ringan yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah senam. Anda bisa memutar video senam untuk ditiru bersama. Agar anak lebih bersemangat, Anda juga bisa memutar lagu kesukaan mereka untuk mengiringi senam di rumah.

Selain senam, Anda juga bisa mencoba lompat tali bersama anak. Sediakan tali skipping atau rangkaian karet gelang. Lalu, ajak si kecil melompat tali sebanyak-banyaknya. Olahraga ini dapat melatih ketahanan otot dan keseimbangan tubuh anak.

3. Bermain halang rintang

Salah satu tempat yang digemari anak adalah taman bermain, baik di sekolah maupun di sekitaran rumah. Di sana, anak dapat berlari dan melompat, menikmati berbagai wahana, seperti perosotan, ayunan, hingga jungkat-jungkit. Sayangnya, situasi pandemi membuat banyak taman bermain tutup.

Meski demikian, jangan sampai anak kehilangan wahana untuk bersenang-senang dan beraktivitas fisik. Dengan sedikit sentuhan kreativitas, Anda bisa menciptakan keseruan taman bermain dengan ruang dan benda yang ada di rumah.

Anda bisa membuat halang rintang di ruang tengah menggunakan berbagai perabotan, seperti meja, kursi, bantal, dan lain sebagainya. Agar lebih seru, buatlah semacam kompetisi mini bersama keluarga. Siapa yang finis pertama akan mendapat hadiah, seperti makanan atau camilan kesukaan.

4. Memasak makan malam

Melibatkan anak untuk memasak memiliki banyak manfaat. Melansir Kompas.com (9/7/2020), memasak bersama anak bisa mengajarkan keterampilan dasar hidup, melatih anak makan sehat, mengajak anak berpetualang rasa, mengembangkan keterampilan motorik dan fisik, serta meningkatkan kepercayaan diri.

Selain itu, memasak bersama juga dapat merangsang kemampuan bahasa, matematika, sains, dan kreativitas anak. Kemudian yang terpenting, memasak bisa jadi salah satu alternatif aktivitas fisik yang menyenangkan bagi anak selama di rumah.

Agar anak termotivasi untuk ikut memasak, Anda bisa masak makanan kesukaannya. Selain itu, Anda juga bisa melibatkan mereka dalam proses tertentu yang mudah dan aman, seperti mencuci sayuran misalnya. Berikanlah apresiasi jika mereka berhasil menyelesaikan tugas itu agar mereka tetap bersemangat.

5. Belajar berkebun

Berkebun dapat menjadi salah satu alternatif aktivitas fisik di rumah yang menyenangkan bagi anak. Anak-anak bisa belajar keterampilan baru, bersenang-senang, bermain, serta mengembangkan rasa percaya diri dengan merawat tanaman di kebun.

Selain itu, berkebun juga dapat merangsang imajinasi dan melatih kreativitas anak-anak. Perkembangan sensorik dan fisik anak pun dapat terlatih lewat aktivitas ini.

Nah, sekarang saatnya pilih aktivitas mana yang paling mungkin bisa dilakukan. Anda juga bisa mengombinasikan agar anak tak bosan melakukan yang itu-itu saja.

Selagi anak punya banyak aktivitas fisik, jangan lupa untuk memberikan asupan yang tepat agar mereka memiliki energi untuk raih lebih. Beri makanan bergizi, juga minuman segar bernutrisi, seperti MILO kotak.

MILO kotak mengandung ekstrak malt, cokelat, dan susu yang diperkaya dengan sumber Vitamin B1, B2, B3, B6, kalsium, serta fosfor untuk menambah kebutuhan energi harian setelah belajar dan beraktivitas di rumah.

Kombinasi kalsium, Vitamin D, dan fosfor pada MILO kotak pun baik untuk pertumbuhan tulang, kontraksi otot, serta kerja saraf anak sehingga anak menjadi lebih aktif bergerak.

Sementara itu, kandungan vitamin B1, B2, B3, dan B6 pada MILO kotak berperan untuk mengubah karbohidrat menjadi energi untuk mendukung anak tetap aktif.

MILO kotak bisa menjadi pilihan praktis dan mudah untuk dibawa dengan pilihan kemasan 115 ml serta 190 ml yang bisa didapatkan di sini.

Semoga deretan ide di atas bisa menginspirasi agar anak tetap bisa aktif secara fisik meski di rumah saja. Klik di sini untuk menemukan berbagai panduan agar anak bisa selalu sehat, aktif, dan berenergi.


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya