Mengenal Imunomodulator, Zat untuk Dongkrak Sistem Kekebalan Tubuh

Kompas.com - 27/10/2020, 21:01 WIB
Ilustrasi daya tahan tubuh peterschreiber.mediaIlustrasi daya tahan tubuh

KOMPAS.com - Meningkatkan sistem kekebalan tubuh menjadi hal utama yang harus diperhatikan setiap orang di tengah masa pandemi yang tak kunjung usai.

Namun, masuknya patogen atau benda asing saat kita berada di luar rumah, dapat berdampak bagi sistem kekebalan kita.

Hal itu dituturkan dr. Inggrid Tania M.Si., Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI).

Baca juga: Batasi Aktivitas di Luar Rumah untuk Jaga Kekebalan Tubuh

" Patogen atau benda asing yang masuk ke dalam jaringan tubuh akan memicu respons sistem imun dan menyebabkan inflamasi atau peradangan."

Begitu kata dr. Inggrid dalam acara virtual Press Launch Imugard, Selasa (27/10/2020).

Patogen seperti bakteri, jamur, dan parasit dapat masuk ke dalam tubuh, dan jika tidak ditangani, kata dr. Inggrid, bisa menyebabkan kematian.

Untuk mencegah hal tersebut, kita perlu memperkuat sistem imunitas atau kekebalan tubuh.

Caranya adalah dengan pola makan gizi seimbang, memenuhi kebutuhan istirahat, asupan cairan, serta mengonsumsi imunomodulator.

Apa itu imunomodulator?

" Imunomodulator adalah zat atau substansi yang dapat memodifikasi respons imun terhadap antigen dari dalam maupun luar tubuh atau benda asing yang mengancam kesehatan," ujar dr. Inggrid.

Baca juga: 6 Tips Dongkrak Kekebalan Tubuh di Tengah Musim Flu

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X