Pola Makan yang Memengaruhi Kesuburan Pria

Kompas.com - 28/10/2020, 05:05 WIB
Ilustrasi makan semangka TverdohlibIlustrasi makan semangka

KOMPAS.com – Masalah pada sperma dapat memengaruhi kesuburan pria. Salah satu pemicu masalah tersebut berkaitan dengan makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari.

Spesialis kesuburan di Sydney Dr Anne Clark menyatakan, sebanyak 53 persen pria yang mengunjungi kliniknya mengalami kekurangan nutrisi yang berdampak pada fungsi sperma dan potensi kesuburan.

Pada pria subur, setidaknya 32 persen sel sperma bergerak cukup cepat dan ke arah yang benar untuk mencapai sel telur. Namun apabila terjadi kerusakan DNA sperma, maka kehamilan sulit terjadi.

Kerusakan DNA sperma atau fragmentasi disebabkan oleh radikal bebas. Dalam hal ini pola makan cukup berpengaruh, meskipun bukan satu-satunya faktor.

Baca juga: Mungkinkah Jumlah Sperma Ditingkatkan Lewat Makanan?

Nutrisi yang tepat

Dr Clark mengatakan, setiap pasangan yang menginginkan kehamilan harus memikirkan diet atau pola makannya.

Makanan seperti buah, sayuran, dan biji-bijian penting untuk dikonsumsi karena kaya akan antioksidan sehingga menghambat radikal bebas yang dapat merusak DNA sperma.

Vitamin dan mineral seperti vitamin C dan E, seng, dan selenium juga dibutuhkan untuk kesehatan sperma.

"Mendapatkan berbagai nutrisi yang tepat itu penting. Diet seimbang dapat membantu memenuhinya,” kata Dr Clark seperti dikutip ABC.

Selain itu, kurangi kebiasaan minum minuman ringan seperti soft drink. Penelitian menunjukkan, jika seorang pria minum satu atau dua gelas minuman ringan per hari, kesuburannya dapat berkurang hingga 33 persen.

Halaman:


Sumber abc.net.au
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X