Wajib Tahu, 6 Hal yang Tidak Disadari Memicu Diabetes

Kompas.com - 28/10/2020, 09:08 WIB
ilustrasi diabetes simpson33ilustrasi diabetes

KOMPAS.com - Angka kasus diabetes terus bertambah setiap tahunnya. Salah satu faktor utama penyebabnya adalah gaya hidup yang tidak sehat.

Tapi ternyata, ada hal lain yang bisa memicu seseorang terkena diabetes. Sayangnya hal ini sering tidak disadari. Apa saja itu?

1. Menggunakan mouthwash setiap hari

Studi 2017 yang diterbitkan dalam jurnal Nitric Oxide menemukan penggunaan obat kumur lebih dari dua kali sehari dapat meningkatkan risiko terkena pradiabetes atau diabetes.

Hal ini dikarenakan obat kumur membunuh bakteri di mulut. Padahal bakteri tersebut berfungsi memecah nitrat dalam makanan.

Mekanisme biologis ini membantu metabolisme tubuh. Jika proses itu tidak terjadi, maka bisa memicu pengembangan diabetes.

2. Sering terkena flu

Studi 2012 di Journal of Virology menemukan virus flu berpotensi memicu diabetes tipe 1. Hal ini dikarenakan virus flu memicu pembentukan sel inflamasi.

Sel inflamasi tersebut dapat mengenali sel penghasil insulin dan menghancurkannya sehingga memengaruhi metabolisme tubuh.

Baca juga: Cegah Diabetes, Pahami Kiat Kurangi Kebiasaan Konsumsi Makanan Manis

3. Mengalami gangguan tidur

Halaman:


Sumber Bustle
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X