BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan BCA

Mobile Banking, Solusi Lengkap dan Aman Bayar Tagihan di Masa Pandemi

Kompas.com - 28/10/2020, 10:10 WIB
Ilustrasi bayar tagihan listrik. Dok. Shutterstock/DoucefleurIlustrasi bayar tagihan listrik.

KOMPAS.com – Pandemi virus corona berhasil mengubah cara hidup sebagian besar masyarakat. Jika sebelumnya orang bisa bertatap muka dan berkontak fisik dengan leluasa, serta berada di tempat ramai tanpa rasa cemas, hal tersebut nyaris tak mungkin dilakukan untuk saat ini.

Pasalnya, hampir sebagian besar orang kini beraktivitas dari rumah sebagai upaya pencegahan dari penularan virus yang menyerang sistem pernapasan tersebut.

Agar rutinitas tetap berjalan lancar meski dilakukan dari rumah, orang-orang pun mengandalkan teknologi digital selama pandemi ini. Tak terkecuali untuk urusan bayar tagihan, seperti telepon, listrik, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), asuransi, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, kartu kredit, atau layanan internet, pinjaman, dan lain-lain.

Untuk keperluan tersebut, kini masyarakat mengandalkan mobile banking karena cara ini menjadikan hidup lebih praktis. Terlebih ketika kamu sedang tidak sempat pergi ke bank atau mencari ATM.

Baca juga: Cara Aman Bayar Tagihan saat Fase “New Normal”

Sebagian besar bank populer di Indonesia telah menyediakan mobile banking untuk para nasabahnya. Salah satunya, BCA mobile milik PT Bank Central Asia (BCA) yang tersedia di smartphone bersistem Android dan iOS.

Tampilan fitur m-Payment yang ada di BCA mobile.KOMPAS.com/Hotria Mariana Tampilan fitur m-Payment yang ada di BCA mobile.

Lewat fitur m-Payment yang ada di aplikasi tersebut, kamu bisa membayar beragam tagihan dengan mudah, di mana saja, dan kapan saja lewat ponsel. Semua bisa #dibikinsimpel.

Misalnya saja, untuk bayar tagihan listrik. Kamu tinggal buka BCA mobile, log in seperti biasa, lalu pilih fitur m-Payment yang berada di halaman muka aplikasi.

Kemudian, pilih “Publik/Utilitas”, isi kolom Nama Perusahaan dengan “PLN”, dan masukkan nomor pelanggan. Cek kembali detail tagihan, jika sudah sesuai kamu tinggal verifikasi pembayaran dengan menginput kode PIN m-BCA kamu.

Selain listrik, fitur m-Payment yang ada di BCA mobile juga bisa dipakai untuk membayar tagihan lain, seperti telepon, kartu kredit, pinjaman, asuransi, BPJS Kesehatan, layanan internet, dan lain-lain.

Baca juga: BCA Sediakan Fitur Debit Online di Mobile Banking

Untuk informasi lebih lanjut soal penggunaan fitur m-Payment BCA mobile, kamu bisa kunjungi tautan ini.

Manfaat mobile banking seperti BCA mobile seharusnya menjadi suatu hal yang bisa dinikmati semua kalangan. Tak hanya anak muda, tapi juga para orang tua. Apalagi, golongan orang tua menjadi kelompok rentan terkena Covid-19.

Karena itu, tak ada salahnya mengenalkan fitur mobile banking tersebut kepada para orang tua. Ini sekaligus menjadi langkah tepat untuk melindungi mereka dari risiko penularan virus corona.

Mengajarkan orang tua menggunakan teknologi memang bukan perkara mudah. Namun, semoga cara-cara yang dirangkum dari The Guardian, Selasa (22/12/2015) berikut bisa membantu.

Tetap tenang

Ada kalanya kamu akan kesal saat mengenalkan dan mengajarkan orang tua cara menggunakan mobile banking karena mereka begitu asing dan tak paham betul teknologi itu.

Baca juga: Cara Buka Rekening Baru BCA lewat Mobile Banking

Sekalipun terjadi, hal ini wajar. Namun ingat, jangan sampai kamu emosi hingga mengeluarkan kata kasar. Tetaplah tenang. Simpelnya, bayangkan saja usaha orang tua dulu saat mengajarkan anak belajar dan menulis.

Jelaskan secara sederhana

Teknologi begitu akrab dengan istilah-istilah asing yang kadang sulit dimengerti, bahkan oleh anak muda. Begitu pula pada aplikasi mobile banking.

Karena itu, untuk memudahkan proses orang tua mengenal fungsi-fungsi yang ada pada mobile banking, hindari penggunaan bahasa teknologi yang terdengar asing saat mengajarkan mereka.

Ada baiknya, cukup beritahu langkah-langkah layanan yang tersedia di aplikasi mobile banking.

Kalau BCA mobile, kamu tak akan diribetkan soal cara penggunaannya. Pasalnya, pemakaian BCA mobile sangatlah #DibikinSimpel.

Jelaskan soal privacy

Seperti diketahui, mobile banking perlu sandi untuk dapat mengakses semua fitur yang ada di dalamnya.

Baca juga: Simak Tips Aman Menggunakan Mobile Banking Berikut Ini

Sandi pun tak bisa sembarangan agar terhindar dari penyalahgunaan. Karena itu, informasikan pada orang tua soal pentingnya menjaga kerahasiaan data pribadi tersebut.

Ajarkan mereka membuat kode yang tidak mudah ditebak, tapi mudah diingat. Ingat, #DatamuRahasiamu.

Nah, itulah solusi aman bayar tagihan aman di masa pandemi untuk kamu maupun para orang tua, seperti ayah, ibu, kakek, nenek, paman, dan bibi.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya