Dampak pada Payudara Ketika Berolahraga Tanpa Pakai Sport Bra

Kompas.com - 28/10/2020, 12:00 WIB
Sesi olahraga di sela perkenalan tiga kategori sport bra oleh Adidas di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (25/10/2018). Dok. Adidas IndonesiaSesi olahraga di sela perkenalan tiga kategori sport bra oleh Adidas di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (25/10/2018).

KOMPAS.com - Ada banyak gerakan, hentakan dan tarikan tak terduga yang terjadi ketika kita berolahraga.

Namun, ada satu potensi kerusakan yang bisa terjadi tetapi bisa juga kita cegah, yakni menopang payudara secara tepat.

Menurut penelitian University of Portsmouth yang dipimpin oleh Profesor Joanna Wakefield-Scurr, payudara yang tidak didukung dengan baik selama olahraga, dapat memantul-mantul hingga 21 cm.

Namun, menurut survei Google terhadap lebih dari 500 wanita, 40 persen wanita Australia tidak mengenakan sport bra saat berolahraga.

Semua gerakan itu dapat menyebabkan nyeri payudara yang cukup parah sehingga pada akhirnya menghentikan seseorang untuk melanjutkan olahraganya.

Ada pula konsekuensi negatif lainnya, seperti frekuensi pernapasan yang berubah dan kinerja olahraga yang lebih buruk.

Menurut ahli bedah plastik dari Sydney, Dr. Robert Drielsma, seiring berjalannya waktu, dukungan yang tidak memadai terhadap payudara juga dapat menyebabkannya mengendur, kata ahli bedah plastik Sydney Dr Robert Drielsma.

Drielsma menjelaskan, sebab masing-masing payudara ditopang hanya oleh dua struktur, yakni kulit di atasnya dan ligamen Cooper di bawahnya.

Setelah diregangkan, struktur ini menjadi kurang mampu memberikan dukungan dan semakin besar payudara seseorang, akan semakin banyak tekanan yang dipikul dua struktur tersebut.

Maka jawabannya, kata dia, adalah memakai sport bra.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X