Gaya Hidup Pasangan Bisa Memengaruhi Kesehatan, Ini Alasannya

Kompas.com - 28/10/2020, 17:33 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi

KOMPAS.com - Gaya hidup pasangan ternyata bisa memengaruhi bagaimana kondisi kesehatan kita di masa depan. Jika pasangan bergaya hidup tidak sehat, besar kemungkinan kita juga beresiko menderita penyakit kronis.

Hal itu dibuktikan oleh hasil studi dari tim peneliti dari Brigham dan Rumah Sakit Wanita di Boston yang mengamati lebih dari 5.000 pasangan.

Mereka menentukan apakah setiap individu berada dalam kategori ideal, menengah, atau tidak ideal untuk masing-masing faktor risiko dan perilaku " Life’s Simple 7" (LS7) yang didefinisikan oleh American Heart Association.

LS7 meliputi status merokok, indeks massa tubuh, aktivitas fisik, skor pola makan sehat, kolesterol total, tekanan darah, dan gula darah puasa.

Hasilnya, sebanyak 79 persen pasangan masuk dalam kategori tidak ideal dari perspektif kesehatan karena pola makan yang tidak sehat dan kurangnya aktivitas fisik.

"Empat dari lima pasangan berada di kelompok tidak ideal. Pasangan dalam kategori tidak ideal itu juga memiliki risiko terkena penyakit jantung," kata salah satu peneliti dari Brigham dr. Samia Mora, MHUS kepada Healthline.

Baca juga: 4 Hal Penting yang Bisa Cegah Penyakit Jantung, Sudah Tahu?

Mora mengungkapkan,  alasan orang berpasangan itu berbeda-beda. Ada banyak faktor yang memengaruhinya, seperti latar belakang sosial ekonomi, pola makan, dan pilihan gaya hidup.

Apalagi, di masa pandemi Covid-19 banyak pasangan yang menghabiskan waktu mereka bersama di rumah.

Sehingga pasangan cenderung melakukan kegiatan yang sama, baik itu menonton televisi, makan berlebihan, atau bahkan merokok bersama.

Pesan yang dapat dipetik dari penelitian ini, supaya orang-orang lebih meningkatkan kesehatan dan menjadi pengaruh yang positif bagi pasangan mereka.

Halaman:


Sumber Healthline
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X