Kompas.com - 28/10/2020, 19:01 WIB

KOMPAS.com - Zat besi adalah komponen penting dari hemoglobin, yang menjadikannya mineral penting untuk tubuh supaya dapat membawa oksigen dan menghasilkan energi.

"Jika tidak memiliki cukup zat besi, tubuh kita tidak akan memiliki cukup sel darah merah untuk mengangkut oksigen yang menyebabkan kelelahan ekstrem dan anemia."

Demikian yang dikatakan ahli diet Julia Zumpano seperti dikutip laman Cleveland Clinic.

Baca juga: Kelebihan Zat Besi Berisiko Sebabkan 7 Penyakit Ini

Ada pun gejala lain yang menandakan tubuh kekurangan zat besi antara lain kesulitan menjaga panas tubuh, kulit pucat, pusing, sakit kepala, hingga lidah meradang.

Menurut Zumpano, jumlah zat besi yang direkomendasikan untuk wanita berusia 19-50 tahun adalah 18 miligram sehari.

Kemudian, 27 miligram sehari untuk wanita hamil, dan sembilan miligram sehari untuk wanita menyusui.

Sementara untuk pria, zat besi yang dibutuhkan sebanyak delapan miligram sehari.

Secara umum, wanita cenderung membutuhkan lebih banyak zat besi untuk mengganti sel darah merah yang hilang selama siklus menstruasi.

Kabar baiknya, kebanyakan orang bisa mendapatkan cukup zat besi dalam makanan mereka, terutama produk hewani.

Tetapi jika kalian tidak makan daging cobalah mengonsumsi sayuran berdaun hijau, kacang kacangan, biji-bijian, jamur dan tahu," kata dia.

Baca juga: Memahami Pentingnya Zat Besi bagi Kesehatan

Selain itu, mengonsumsi makanan kaya vitamin C, seperti buah jeruk, stroberi, tomat, dan paprika merah membantu tubuh menyerap zat besi lebih baik lagi.

Dia menambahkan, sumber utama untuk selalu mendapatkan zat besi datangnya dari makanan, kecuali jika dokter menganjurkan sebaliknya.

"Untuk beberapa orang, suplemen mungkin diperlukan, tetapi harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dulu," ujar dia lagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.