7 Efek Berbahaya Makan Berlebih yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Kompas.com - 29/10/2020, 07:59 WIB
ilustrasi makan Shutterstock/simona pilolla 2ilustrasi makan

KOMPAS.com - Makanan memang mengundang godaan. Apalagi dengan variasi camilan yang begitu beragam, rasanya menarik jika waktu kerja kita ditemani oleh camilan-camilan tersebut.

Tapi, berhati-hatilah, tidak memerhatikan porsi membuat kita rentan mengalami makan berlebih dan kebiasaan itu dapat memicu kemunculan sejumlah masalah kesehatan.

Jika kamu masih belum dapat membayangkannya, tujuh efek berbahaya dari makan berlebih berikut mungkin cukup membuatmu berpikir ulang untuk makan sembarangan.

1. Meningkatkan lemak tubuh berlebih
Sebelumnya, ketahui dulu bahwa keseimbangan kalori harian kita ditentukan dari jumlah kalori yang kita konsumsi dan berapa banyak kalori yang dibakar.

Jika kita makan lebih dari yang kita keluarkan, maka kondisi itu disebut surplus kalori.

Kalori yang surplus tersebut mungkin disimpan sebagai lemak.

Dengan makan berlebih, seperti dilansir Healthline, kelebihan lemak di tubuh mungkin akan lebih banyak dan membuat seseorang mengalami obesitas.

Untuk mencegah penambahan lemak berlebih, cobalah mengisi tubuh dengan protein tanpa lemak dan sayur-sayuran sebelum makan makanan tinggi karbohidrat dan tinggi lemak.

Mengonsumsi protein secara berlebihan kemungkinan tidak meningkatkan lemak tubuh karena dimetabolisme dengan cara yang berbeda oleh tubuh.

Kalori berlebih dari karbohidrat dan lemak jauh lebih rentan meningkatkan lemak tubuh.

Halaman:


Sumber Healthline
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X