Kompas.com - 29/10/2020, 12:32 WIB

KOMPAS.com - Aktif dalam kegiatan sosial seperti memberi sumbangan dan menjadi sukarelawan tak hanya bisa membuat seseorang lebih bahagia. Tapi juga baik untuk kesehatan fisiknya.

Penelitian menunjukkan, memberi dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental.

Manfaat kesehatan yang didapat antara lain tekanan darah lebih rendah, peningkatan harga diri, mengurangi depresi dan stres, serta hidup lebih lama.

Berikut ulasan lebih lanjutnya.

1. Tekanan darah

Saat memberi, entah itu dalam bentuk sumbangan maupun dukungan emosional, ada kebahagiaan dan kepuasan yang lebih besar.

Rasa gembira itu dapat berpengaruh terhadap kesehatan fisik seseorang.

Penelitian menyebutkan, orang yang memberikan dukungan sosial kepada orang lain memiliki tekanan darah yang lebih rendah.

Hal ini dikaitkan dengan pencegahan hipertensi dan membuat kesehatan arteri koroner (pembuluh darah di jantung) lebih baik.

Para peneliti juga mengatakan, orang yang memberikan waktunya untuk membantu orang lain memiliki harga diri yang lebih tinggi.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.