5 Kiat Ampuh Menghentikan Kebiasaan Buruk

Kompas.com - 29/10/2020, 18:19 WIB
Ilustrasi berolahraga ShutterstockIlustrasi berolahraga

KOMPAS.com - Kebiasaan terbentuk karena kita melakukan satu tindakan berulang kali dari waktu ke waktu, sehingga tindakan itu tanpa disadari menjadi sebuah kebiasaan.

Penelitian tentang otak memberi tahu kita bahwa ketika kita mengulangi suatu perilaku cukup sering, kita mulai melakukannya secara tidak sadar dan otomatis.

Di sini, ingatan "deklaratif" yang sadar menjadi ingatan "prosedural" yang tidak disadari.

Kedua jenis ingatan ini melibatkan bagian otak yang berbeda.

Dilansir Psychology Today, memori deklaratif sadar melibatkan koneksi saraf antara korteks prefrontal dan hipokampus, sedangkan memori prosedural bawah sadar melibatkan striatum dan otak kecil.

Inilah mengapa kita dapat melakukan tindakan kebiasaan tanpa menyadari apa yang sedang kita lakukan.

Nah, sekarang, kita juga bisa mencoba memanfaatkan penelitian ilmu saraf ini untjk menghentikan kebiasaan buruk kita. Bagaimana caranya?

Lima kiat berikut bisa jadi cara yang ampuh untuk kamu mencoba menghilangkan kebiasaan burukmu selama ini:

1. Bangun kesadaran dan ambil kendali
Sebuah kebiasaan dilakukan tanpa disadari. Jadi, langkah pertama untuk menghentikan kebiasaan buruk adalah membawanya ke kesadaran.

Misalnya, kamu bisa secara sadar mencatat berapa jumlah rokok yang diisap dalam sehari untuk secara perlahan menghentikan kebiasaan tersebut.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X