Diet Vegan Bikin Kulit Lebih Sehat

Kompas.com - 29/10/2020, 18:46 WIB
Ilustrasi makan makanan sehat shutterstockIlustrasi makan makanan sehat

KOMPAS.com – Belakangan ini, pola hidup vegan mulai menjadi populer. Semakin banyak orang yang memutuskan untuk tidak lagi mengonsumsi produk hewani.

Menjadi vegan berarti jenis makanan yang dikonsumsi sebatas sayur, buah-buahan, dan biji-bijian. Tidak ada lagi konsumsi daging, baik itu daging olahan maupun produk susu hewani.

Sejumlah ahli mengatakan pola hidup vegan baik untuk kesehatan secara umum. Ada pula yang mengatakan diet vegan memberikan manfaat untuk kulit.

Dermatolog Dr. Niyati Sharma mengatakan, pola makan vegan yang kaya akan nabati berpengaruh terhadap kondisi kulitnya. Ia menemukan makanan nabati membuat kulitnya menjadi lebih baik dari waktu ke waktu.

Dokter kulit yang berbasis di Melbourne itu menyatakan makanan nabati bisa membantu mengatasi masalah jerawat. Bahkan hal ini dibuktikan oleh penelitian.

Dikatakan oleh Sharma, pada 1970-an sekelompok peneliti pergi ke Papua Nugini dan menemukan fakta tidak ada remaja yang berjerawat di sana.

Kemudian pada 2002, penelitian lain di Kepulauan Kitavan, Papua Nugini memiliki kesimpulan yang sama.

"Tidak ada satu pun papula, pustula, atau komedo terbuka ditemukan di seluruh populasi yang diperiksa," tulis penelitian tersebut seperti dikutip Livekindly.

Peneliti menyatakan, dari 300 orang masyarakat Kitavan yang berusia 15-25 tahun, tidak ada satu pun yang memiliki jerawat.

Dari penelitian tersebut Sharma menyimpulkan, diet dan cara hidup memengaruhi kondisi kulit terutama terkait jerawat.

Halaman:


Sumber livekindly
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X