Menggunakan E-Bike, Tidak akan Tertinggal Lagi Saat Bersepeda Bersama

Kompas.com - 30/10/2020, 05:05 WIB
Gili Velo, e-bike atau sepeda listrik dari Polygon KOMPAS.com/WisnubrataGili Velo, e-bike atau sepeda listrik dari Polygon
Editor Wisnubrata

JAKARTA, KOMPAS.com - Bersepeda menjadi aktivitas yang banyak dilakukan saat ini. Hampir semua orang seolah keranjingan bersepeda. Tidak heran bila kita sering mendapat ajakan untuk bersepeda bersama-sama.

Masalahnya, kemampuan dan ketahanan orang berbeda-beda. Ada yang bisa gowes selama berjam-jam. Ada juga yang lebih suka bersepeda tipis-tipis.

Akibatnya, saat bersepeda berkelompok, seringkali ada orang yang memaksakan diri agar tidak ketinggalan, dan hal ini sebenarnya bisa berbahaya.

Nah, bila kamu termasuk orang yang ingin bersepeda tapi tidak mau terlalu memaksakan diri, ada pilihan sepeda untuk keperluan tersebut. Pernah dengar soal E-Bike?

Electric bike atau sepeda listrik adalah sepeda yang bisa melaju dengan tambahan tenaga listrik. Sepeda yang dulu dikenal sebagai pedelec (pedal electric bicycle) ini digerakkan dari perpaduan kayuhan kaki dan energi listrik dari baterai.

Tambahan energi listrik akan memberi tenaga tambahan pada kayuhan sehingga pesepeda dengan mudah bisa menambah kecepatan, atau menghemat tenaganya.

Ini bukan berarti E-Bike tidak memberi manfaat olahraga lho. Sepeda ini tetap harus dikayuh, hanya saja tenaga kayuhan bisa ditambah dengan energi listrik yang dihasilkan oleh baterai pendukung.

Nah, dengan tambahan tenaga itu, pengendaranya bisa bersepeda lebih jauh dan lebih cepat, tanpa harus memaksakan diri. Mereka juga akan terhindar dari risiko ketinggalan rombongan.

Baca juga: Sepeda Gunung Bertenaga Listrik, Mau Coba?

E-Bike terbaru dari Polygon

Gili Velo, e-bike dari PolygonKOMPAS.com/Wisnubrata Gili Velo, e-bike dari Polygon
Salah satu sepeda listrik terbaru adalah Gili Velo yang dikeluarkan oleh perusahaan sepeda tanah air, Polygon.

Halaman:
Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X