Lakukan 5 Kebiasaan Berikut agar Terhindar dari Penyakit Kronis

Kompas.com - 30/10/2020, 13:43 WIB
Ilustrasi meditasi shutterstockIlustrasi meditasi

KOMPAS.com - Kesehatan adalah investasi jangka panjang. Maka, tentu jangan berharap mendapatkannya dalam satu malam, tanpa mengupayakannya dalam jangka waktu panjang.

Spesialis pengobatan gaya hidup Mladen Golubic, MD, PhD mengungkapkan, membiasakan gaya hidup sehat bisa memperlambat, bahkan membalikkan kerusakan yang diakibatkan kolesterol tinggi atau gula darah tinggi.

"Kita bisa membalikkan diabetes, obesitas, hipertensi, kolesterol tinggi, dan penyakit jantung," kata Dr Golubic, seperti dilansir Cleveland Clinic

Ia menambahkan, gaya hidup terbaik bisa membantu mencegah penyakit kronis, di antaranya:

  • Kanker 
  • Penyakit kardiovaskular 
  • Penyakit paru obstruktif kronik 
  • Diabetes
  • Stroke

Namun, kita dapat mencegah dari kondisi kronis ini dengan mengatasi akar penyebabnya, termasuk dari kebiasaan sehari-hari.

Sebab, sekitar 80 persen penyakit kronis didorong oleh faktor gaya hidup, seperti pola makan dan olahraga.

Nah, lima kebiasaan harian yang bisa kamu terapkan untuk terhindar dari penyakit-penyakit kronis, antara lain:

1. Pola makan sehat
Makanlah banyak sayur-sayuran, gandum utuh, dan makanan dengan proses yang sangat minimal.

Pola makan berbasis tanaman (plant-based) disebut dapat membantu menurunkan diabetes, penyakit jantung, dan risiko kanker.

"Kamu tidak perlu langsung menjaladi vegan hari ini atau besok. Aku sarankan untuk bereksperimen dengan berbagai pola makan," kata Dr Golubic.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X