Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/10/2020, 14:53 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

Sumber Bustle

KOMPAS.com - Bagi banyak pasangan, mempertahankan hubungan jarak jauh (long distance relationship-LDR) selama masa pandemi Covid-19 terasa sangat berat.

Ketidakpastian tentang masa depan, di tambah hubungan asmara berbeda kota atau bahkan negara, membuat "hanya" telepon dan video call sebagai sarana melepas kerinduan.

Selain itu, menjalani LDR di masa seperti ini pun dapat menyebabkan ketegangan, dan bukan tak mungkin mulai meragukan hubungan yang berjalan.

Baca juga: 8 Cara Jaga Keharmonisan Asmara LDR

"Mereka harus mengelola banyak sekali kerinduan, tanpa saling bertatap muka atau bersentuhan," kata seorang terapis, Mollie Eliasof kepada Bustle.

Menurut dia, pasangan LDR yang sudah berpengalaman menghabiskan banyak waktu terpisah pun masih harus membuat perubahan pada rutinitas mereka di masa pandemi ini.

Pasangan LDR harus menyesuaikan ekspektasi terhadap satu sama lain demi keberlangsungan hubungan mereka.

Sementara, Nicole Issa, PsyD -seorang psikolog dan pakar terkait hubungan, mengatakan, tidak semua pasangan LDR akhirnya mengambil langkah selanjutnya.

"Pandemi telah membawa percakapan tentang masa depan ke arah yang lebih serius," ungkap dia.

Baca juga: 9 Tanda LDR yang Tak Bakal Bertahan Lama

"Sayangnya, bagi sebagian orang, prospek untuk pindah bersama atau pindah ke kota baru itu sama sekali tidak mungkin," sambung dia.

Itulah sebabnya, kunci utama bagi pasangan LDR yang ingin bertahan di masa pandemi adalah tetap menjadi fleksibel dan tidak banyak menuntut.

Terbukti, banyak pasangan yang dapat membuat hubungan mereka berhasil dengan melakukan hal itu, serta berusaha untuk selalu terhubung.

Issa merekomendasikan, agar pasangan yang sedang menjalani LDR untuk mengirim pesan dan melakukan video call lebih sering dari biasanya.

Baca juga: Asal Tahu Kuncinya, LDR Tak Perlu Bikin Takut

Sebab, para "pejuang LDR" justru bisa memetik sisi baik dari masa pandemi ini, yang membuat mereka menjadi lebih dekat dan semakin mengenal secara pribadi karena komunikasi intens.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Bustle
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com