Ini Penyebab Stroke Juga Bisa Terjadi di Usia Muda

Kompas.com - 31/10/2020, 17:47 WIB
Ilustrasi stroke ShutterstockIlustrasi stroke

KOMPAS.com - Mungkin masih banyak orang yang menganggap stroke sebagai penyakit orang lanjut usia.

Namun, faktanya seiring berjalannya waktu, stroke tak lagi identik sebagai penyakit lansia tetapi juga mulai dialami oleh orang-orang muda.

"Usia muda bukan jaminan tidak akan mengalami stroke."

Demikian diungkapkan oleh Dokter Spesialis Saraf, Herianto, dalam webinar bersama Eka Hospital BSD, Sabtu (31/10/2020).

Dr. Heri memaparkan hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Kementerian Kesehatan 2013 bahwa prevalensi stroke nasional untuk kelompok usia muda adalah 6,4 pasien per 1.000 penduduk (35-44 tahun), 3,9 pasien per 1.000 penduduk (25-34 tahun) dan 2,6 pasien per 1.000 penduduk (15-24 tahun).

Namun, faktor risiko stroke pada kelompok pasien yang sangat muda ternyata cukup berbeda dengan faktor risiko stroke pada usia dewasa atau usia lanjut.

Pada usia muda, perlu dipertimbangkan kemungkinan adanya faktor risiko kelainan bawaan, apakah kelainan pembuluh darah seperti malformasi vaskuler atau aneurisma, atau adanya gangguan fungsi pembekuan darah.

"Kelainan-kelainan bawaan inilah yang mungkin perlu kita evaluasi," ucapnya.

Namun, faktor risiko stroke pada usia yang lebih dewasa bisa berkaitan dengan perilaku.

Dr. Heri mencontohkan beberapa kondisi stroke yang dipicu oleh adanya peradangan pembuluh darah, misalnya akibat penggunaan narkoba.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X