5 Cara Mengajari Anak yang Ketahuan Mencuri

Kompas.com - 01/11/2020, 15:58 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com— Anak balita mungkin belum mengerti bahwa mencuri tidak boleh dilakukan. Sehingga jangan langsung menghukumnya jika si kecil ketahuan mengambil sesuatu di toko tanpa membayar atau mengambil mainan temannya sepulang dari playdate.

Ada beberapa alasan mengapa seorang anak mencuri. Namun, satu hal umum yang penting dalam kebanyakan kasus pencurian anak adalah ketidaktahuan.

Anak usia dini memang cenderung tidak peduli. Otak mereka yang belum matang tidak bisa membedakan antara hal yang benar dan salah. Meski begitu, mencuri tetap merupakan tindakan kriminal dan tugas orangtua untuk mengajarinya.

Memarahi anak dan menghukum, atau bahkan memukul anak bukanlah hal yang tepat untuk mengatasi masalah ini. Ini hanya akan membuat anak menjadi lebih kaku dan toleran terhadap kekerasan.

Orangtua bisa coba terapkan lima hal ini untuk mengajari anak yang ketahuan mencuri.

Baca juga: Menghadapi Anak yang Suka Berbohong

1. Berkomunikasi secara efektif

Sebagai orangtua kita mungkin marah dan terkejut saat mengetahui hal ini, namun sebenarnya solusi solusi terbaik adalah dengan berkomunikasi secara efektif.  Anak-anak biasanya mencuri tanpa memahami konsekuensi atau beratnya situasi.

Seorang anak mungkin mencuri hanya karena iseng, iri, atau hanya karena temannya melakukannya. Namun, jika mereka melakukan pencurian karena sebenarnya butuh, ini juga bisa menjadi peringatan bagi orangtua untuk memahami kebutuhan mereka.

Orangtua tidak akan tahu alasan mereka melakukan hal tersebut jika tidak mengajaknya bicara. Yang ditakutkan, perilaku ini akan terus dilakukan di masa depan.

Tenangkan diri dulu, ajak anak duduk lalu bicarakanlah baik-baik. Bawakan kudapan atau es krim favoritnya, jangan membuat mereka merasa telah berbuat kesalahan besar.

Halaman:


Sumber Moms.com
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X