Kompas.com - 03/11/2020, 12:07 WIB
Ilustrasi kesepian shutterstockIlustrasi kesepian

KOMPAS.com - Kesendirian mungkin bisa menjadi hal yang baik. Ini memberimu waktu untuk kembali ke diri sendiri, terutama saat dunia menjadi terlalu berisik atau terlalu intens.

Tapi beda cerita dengan kesepian. Perasaan ini bisa kamu rasakan bahkan saat berada di tempat yang ramai.

Kesepian lebih dari sekadar merasa berada dalam suasana hati yang buruk dalam sesaat. Kesepian bisa disebabkan oleh banyak hal, kesedihan, penolakan, pemutusan hubungan, isolasi dan bisa dirasakan oleh manusia dalam waktu yang lama.

Baca juga: Kesepian, Fenomena Kekinian yang Menghantui Kehidupan

Kesepian perlahan-lahan akan membuatmu merasa lelah, dan mendorongmu menuju ke kondisi depresi, juga ke arah penurunan kesehatan fisik secara keseluruhan.

Menurut fitur Psychology Today oleh psikoterapis Amy Morin, "Kesepian adalah masalah besar yang dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan fisik, psikologis, dan sosial."

Faktanya, kesepian bisa mematikan.

Bahkan ada penelitian yang menyatakan bahwa "kesepian sama mematikannya dengan merokok 15 batang sehari."

Baca juga: Waspadai, 5 Risiko Kesehatan yang Muncul dari Rasa Kesepian

Selain itu, lanjut Amy, "Orang yang kesepian 50 persen lebih mungkin meninggal secara prematur daripada mereka yang memiliki hubungan sosial yang sehat."

Business Insider menambahkan bahwa “Terlepas dari kesehatan jantungmu, isolasi sosial dapat meningkatkan risiko kematian dari 50 hingga 90 persen. Putusnya hubungan sosial juga dapat meningkatkan risiko terkena tekanan darah tinggi atau peradangan dan membuat orang lebih agresif,”

Untuk itu, tetap terhubung dengan keluarga dan teman adalah yang paling penting.

Dengan pandemi yang masih melanda dunia, maka memiliki orang lain dan tahu bahwa kamu tidak sendirian dapat membantu meringankan banyak hal.

Jadi pastikan untuk mengirim pesan kepada seseorang yang kamu sayang hari ini. Pastikan mereka baik-baik saja. Kalimat sederhana "Apa kabar?" benar-benar dapat menyelamatkan hidup seseorang.

Baca juga: Cara Sehat untuk Mengatasi Kesepian



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X