Kompas.com - 03/11/2020, 13:28 WIB
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Daun jeruk purut sudah sering digunakan sebagai penyedap berbagai masakan. Namun tahukah kamu jika manfaat daun jeruk purut untuk kesehatan sebenarnya berlimpah?

Sudah ada beberapa penelitian yang membuktikan manfaat daun jeruk purut, sehingga tidak jarang bahan ini dijadikan solusi alami berbagai penyakit.

Agar tidak semakin penasaran, berikut ini penjelasannya.

1. Membunuh bakteri penyebab penyakit

Pada sebuah penelitian di laboratorium, minyak atsiri yang didapatkan dari daun jeruk purut terbukti memiliki aktivitas antibakteri terhadap bakteri E.Coli dan S. Aureus.

Bakteri E.Coli adalah penyebab utama diare yang sering terjadi. Bakteri ini juga dapat mengakibatkan infeksi saluran kemih maupun pneumonia bakteri.

Sementara itu, S. Aureus adalah bakteri yang menyebabkan terjadinya bisul di kulit, abses, serta selulitis.

Bakteri ini juga bisa menimbulkan beberapa infeksi yang lebih parah seperti pneumonia, infeksi aliran darah, dan endokarditis.

2. Menjaga kesehatan gusi

Ekstrak daun dari buah jeruk purut sudah digunakan sebagai campuran beberapa pasta gigi organik. Hal ini bukanlah tanpa alasan. Sebab, ekstrak daun jeruk purut dianggap mampu menyehatkan rongga mulut.

Halaman:
Sumber


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.