Kompas.com - 03/11/2020, 14:38 WIB
Ilustrasi jalan kaki SHUTTERSTOCKIlustrasi jalan kaki

KOMPAS.com – Rutin berolahraga adalah salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun beberapa orang sering kali beralasan tidak memiliki banyak waktu untuk berolahraga.

Ada pula yang merasa bingung untuk mulai berolahraga dari mana. Bagi yang masih bingung, meluangkan waktu untuk berjalan kaki setiap hari bisa menjadi solusi.

Jalan kaki memang tergolong latihan ringan. Tapi rutin melakukannya paling tidak 15 menit setiap hari bisa memberikan sederet manfaat kesehatan, baik secara fisik maupun mental.

Berikut 14 manfaat jalan kaki seperti dilansir The Healthy.

1. Memberikan kebahagiaan

Suatu penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Preventive Medicine menemukan, berjalan kaki di luar ruangan dapat meningkatkan suasana hati, terutama saat sedang merasa sedih atau mengalami mood yang buruk.

Dari penelitian itu diketahui, peserta yang melakukan rata-rata 150 menit olahraga intensitas sedang atau berjalan kaki 200 menit setiap minggu melaporkan tingkat energi lebih tinggi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Peserta juga memiliki kesehatan emosional yang lebih baik dan kehidupan sosial yang lebih kuat ketika para peneliti mengikuti selama tiga tahun.

Baca juga: Jalan Kaki Setelah Makan Benarkah Menyehatkan?

2. Mengasah kreativitas

Satu studi Stanford University menemukan berjalan kaki dapat meningkatkan kreativitas hingga 60 persen. Hasil yang sama juga ditemukan untuk latihan yang dilakukan di dalam dan di luar ruangan. Kreativitas akan tetap bertahan bahkan setelah berjalan kaki selesai dilakukan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.