Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/11/2020, 14:38 WIB
Maria Adeline Tiara Putri,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Rutin berolahraga adalah salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun beberapa orang sering kali beralasan tidak memiliki banyak waktu untuk berolahraga.

Ada pula yang merasa bingung untuk mulai berolahraga dari mana. Bagi yang masih bingung, meluangkan waktu untuk berjalan kaki setiap hari bisa menjadi solusi.

Jalan kaki memang tergolong latihan ringan. Tapi rutin melakukannya paling tidak 15 menit setiap hari bisa memberikan sederet manfaat kesehatan, baik secara fisik maupun mental.

Berikut 14 manfaat jalan kaki seperti dilansir The Healthy.

1. Memberikan kebahagiaan

Suatu penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Preventive Medicine menemukan, berjalan kaki di luar ruangan dapat meningkatkan suasana hati, terutama saat sedang merasa sedih atau mengalami mood yang buruk.

Dari penelitian itu diketahui, peserta yang melakukan rata-rata 150 menit olahraga intensitas sedang atau berjalan kaki 200 menit setiap minggu melaporkan tingkat energi lebih tinggi.

Peserta juga memiliki kesehatan emosional yang lebih baik dan kehidupan sosial yang lebih kuat ketika para peneliti mengikuti selama tiga tahun.

Baca juga: Jalan Kaki Setelah Makan Benarkah Menyehatkan?

2. Mengasah kreativitas

Satu studi Stanford University menemukan berjalan kaki dapat meningkatkan kreativitas hingga 60 persen. Hasil yang sama juga ditemukan untuk latihan yang dilakukan di dalam dan di luar ruangan. Kreativitas akan tetap bertahan bahkan setelah berjalan kaki selesai dilakukan.

Saat berjalan kaki, orang cenderung memerhatikan keadaan sekitar. Hal ini bisa memberikan inspirasi, ide, dan mungkin solusi untuk suatu permasalahan.

Baca juga: Berbisnis Sejak Remaja, Mengasah Keberdayaan dan Kreativitas

Ilustrasi berolahragaShutterstock Ilustrasi berolahraga

3. Menurunkan reaksi alergi

Orang yang memiliki asma mungkin takut untuk berolahraga karena khawatir reaksi alerginya sewaktu-waktu bisa kambuh. Jalan kaki adalah pilihan tepat bagi mereka.

American College of Allergy, Asthma and Immunology mengatakan, berjalan kaki memiliki risiko yang lebih kecil untuk mengiritasi saluran udara. Dengan demikian, risiko asma kambuh juga kecil.

Hal yang sama berlaku untuk olahraga lain seperti berenang, bermain golf, dan bersepeda santai,

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com