Lakukan 3 Hal Ini Sebagai Pengganti Hukuman Anak

Kompas.com - 03/11/2020, 19:40 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com— Ketika anak sengaja melakukan kesalahan, menghukumnya merupakan cara untuk mendidiknya lebih bertanggung jawab. Tapi, setiap orangtua pasti tidak tega saat melihat si kecil sedih karena dihukum.

Faktanya, terkadang tanpa disadari orangtua juga menghukum anak, yang bisa saja menghancurkan si kecil secara emosional.

Sebagian orangtua juga memilih tak mau mendengarkan anak dan langsung menghukum atas kesalahan yang mereka perbuat. Hal ini tentu akan berpengaruh pada hubungan antara orangtua da anak.

Merugikan

Menghukum anak berulang kali dapat menimbulkan konsekuensi yang merugikan. Anak bisa kehilangan kepercayaan diri, yang menyebabkan agresi yang tidak diinginkan dan perilaku antisosial. Dalam kasus ekstrem, ini juga dapat menyebabkan mereka stres, bahkan depresi.

Baca juga: Kelamaan di Rumah Bikin Orangtua Emosian, Ada 4 Cara Mengatasinya

Sebenarnya ada alternatif dari menghukum anak. Tindakan ini dapat membangun karakter disiplin pada anak, sekaligus membuatnya belajar pengampunan dan kasih sayang.

Berikut adalah tiga hal yang bisa dilakukan orangtua daripada harus menghukum anak

1. Jalin komunikasi yang jelas

Hal pertama yang harus diterapkan adalah jangan ada miskomunikasi antara orangtua dengan anak. Terkadang muncul situasi orangtua tidak memberi kesempatan kepada anak untuk menjelaskan situasi dan apa yang mereka rasakan.

Untuk itu, sebelum kita marah-marah, berbicaralah dengan anak dan dengarkan apa penjelasan mereka. Komunikasi ini juga membantu kita melihat sudut pandang anak.

Meskipun jika mereka melakukan kesalahan, kita perlu memahami mereka mungkin telah berperilaku buruk karena tidak mengerti bahwa hal itu tidak boleh dilakukan.

Menghukum mereka untuk sesuatu yang tidak mereka pahami hanya akan membuat anak semakin bingung. Karenanya, ajak anak bicara dan jelaskan kesalahannya tanpa menyudutkan.

Baca juga: 7 Cara Mengasuh Remaja Laki-laki agar Lebih Nurut

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Moms.com
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X