Kompas.com - 04/11/2020, 20:11 WIB
Ilustrasi Thinkstockphotos.comIlustrasi
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Setiap hari, kita pasti dihadapkan dengan kegiatan yang memerlukan konsentrasi. Terkadang saat banyak hal yang mengalihkan perhatian, sulit untuk berkonsentrasi.

Namun ada beberapa cara melatih fokus yang layak dicoba, mulai dari menulis jurnal hingga digital detox.

Pendekatan yang dilakukan tentu berbeda-beda pada setiap orang. Apa yang efektif pada satu orang belum tentu berlaku sama pada orang lain. Setelah mencoba beberapa cara, akan terlihat mana yang paling efektif.

Cara melatih fokus

Membiarkan pikiran berkelana atau memaksakan diri untuk melakukan lebih dari satu hal di satu waktu hanya akan membuat tugas terbengkalai. Untuk bisa menuntaskan tugas dengan cepat sekaligus teliti, diperlukan latihan fokus.

Berikut ini beberapa cara melatih fokus yang bisa dijajal:

1. Digital detox

Apabila otak dan tangan tanpa sadar selalu tergerak untuk membuka aplikasi media sosial, mungkin sudah saatnya mencoba digital detox.

Caranya bisa berbeda-beda setiap orang, mulai dari membatasi durasi mengakses media sosial setiap harinya, mematikan notifikasi, atau menghapus aplikasinya dari ponsel.

Pada awalnya, digital detox akan terasa sulit karena kebiasaan yang sudah terbentuk selama ini.

Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X