Kompas.com - 06/11/2020, 06:06 WIB
Ilustrasi perempuan Tinatin1Ilustrasi perempuan
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Keputihan bisa merupakan sesuatu yang nirmal, namun bisa juga menjadi pertanda seorang perempuan mengalami penyakit pada sistem reproduksi yang cukup serius.

Mulai dari infeksi jamur, penyakit menular seksual hingga gejala kanker serviks atau kanker leher rahim.

Jadi, bagaimana kita dapat membedakan keputihan normal dan yang abnormal untuk mendeteksi penyakit yang menganggu reproduksi?

Aesthetic Gynecologist, Dr Dinda Derdameisya, SpOG mengatakan, bahwa keputihan yang normal itu biasanya hanya keluar 2-3 hari saja. Setelah itu tidak ada lagi.

"Umumnya memang keputihan terjadi pada masa subur menjelang menstruasi atau sedang hamil," jelasnya saat konferensi pers virtual bersama Andalan Feminine Care melalui aplikasi Zoom, Kamis (5/11/2020).

Selain itu, warna cairannya yang keluar juga berwarna bening dan tidak berbau.

Baca juga: Simak, 4 Cara Mujarab untuk Cegah Keputihan

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara, tanda-tanda kalau keputihan itu abnormal ketika cairan yang keluar sudah lebih banyak dan bertekstur kental. Kemudian, timbul bau tak sedap dan bagian kewanitaan mulai terasa gatal-gatal, serta perih.

"Keputihan yang tidak normal akan diikuti dengan perubahan warna cairan. Bisa hijau, cokelat, dan bahkan merah darah," terangnya.

Jika, keputihan sudah menunjukkan ciri yang abnormal itu pertanda ada luka di dalam area kewanitaan atau munculnya penyakit seksual.

Maka, bagi yang mengalami keputihan normal segera memeriksakan diri dengan dokter.

Untuk yang keputihan normal, agar mencegah terjadinya keputihan abnormal sebaiknya membersihkan area kewanitaan dengan rutin.

Baca juga: Kapan Keputihan Dianggap Tidak Normal?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.