Kompas.com - 06/11/2020, 21:22 WIB
Pasangan pesinetron Ryana Dhea dan Puadin Redi bersama tim medis dari Klinik Rumah Sunat dr.Mahdian. Dok Rumah Sunatan Pasangan pesinetron Ryana Dhea dan Puadin Redi bersama tim medis dari Klinik Rumah Sunat dr.Mahdian.


KOMPAS.com - Masa pandemi dan kegiatan sekolah jarak jauh dimanfaatkan orangtua untuk melakukan khitan bagi anak lelakinya.

Meski begitu, karena alasan keamanan dan kenyamanan, banyak orangtua yang memilih proses khitan di rumah.

Sederet selebritas yang memilih layanan khitan di rumah antara lain pasangan Ryana Dea dan Puadin Redi, aktor Epy Kusanandar, Faank vokalis band Wali, serta Gerry Ishak.

Pesinetron Ryana Dea mengaku selama pandemi memang mengurangi aktivitas di luar rumah dan bertemu orang baru.

"Makanya kami memilih sunat di rumah dengan tim medis yang datang tetap menjalankan protokol kesehatan," katanya.

Dijelaskan oleh dokter Zaiem dari Klinik Rumah Sunat dr.Mahdian, sunat di rumah menjadi alternatif bagi orangtua yang ingin menyunatkan anaknya di tengah pandemi seperti sekarang.

"Selain menjalankan protokol kesehatan, peralatan medis yang digunakan juga steril dan sekali pakai untuk mencegah risiko infeksi dari satu pasien ke pasien lain," kata Zaiem.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Bayi Alami Fimosis, Jangan Tunda Lakukan Sunat

Aktor Gerry Ishak memilih melakukan khitan anaknya di rumah.Dok Rumah Sunatan Aktor Gerry Ishak memilih melakukan khitan anaknya di rumah.

Metode sunat yang sekarang ini lebih populer adalah klem yang minim risiko perdarahan dan tanpa jahit.

"Berbeda dengan sunat konvensional atau sunat laser, metode klem prosesnya lebih cepat. Setelah sunat juga langsung beraktivitas dan proses penyembuhan relatif cepat," katanya.

Aktor Epy Kusanandar mengatakan, metode sunat klem membuat proses sunat tidak lagi "menyeramkan".

"Kami sekeluarga kaget pas lihat langsung proses sunatnya. Ternyata zaman sekarang sudah beda. Anaknya juga pas disunat kelihatan senang-senang saja, sambil main games dan ngobrol," katanya.

Baca juga: Belajar dari Roger Danuarta soal Sunat Anak Saat Bayi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.