10 Cara Menghilangkan Stres Berat agar Kembali Bahagia

Kompas.com - 09/11/2020, 11:11 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Di masa pandemi ini, makin banyak orang mengalami stres. Entah karena pekerjaan, kesepian, ataupun kecemasan.

Karena stres berkepanjangan bisa berdampak buruk pada kesehatan fisik dan mental, maka stres harus dihilangkan atau diatasi.

Meditasi, minum teh, bersosialisasi, dan berolahraga bisa jadi langkah yang paling sederhana untuk mengurangi stres.

Selain itu, berkonsultasi dengan psikolog atau psikiater juga bisa jadi pilihan efektif dan berguna untuk jangka panjang.

Cara menghilangkan stres berat secara alami

Mengalami stres berat bisa mengganggu kegiatan sehari-hari hingga menimbulkan penyakit fisik. Bahkan, sebuah penelitan menyebutkan bahwa ada kemungkinan stres bisa meningkatkan risiko seseorang terkena kanker.

Oleh karena itu, stres yang dirasakan sebaiknya tidak dipendam terus-menerus. Berikut ini beberapa cara menghilangkan stres berat secara alami yang bisa Anda coba.

1. Mengonsumsi makanan sehat

Mengonsumsi makanan tidak sehat yang tinggi gula dan lemak memang bisa meredakan stres jangka pendek karena rasanya yang lezat bisa membuat hati sedikit bahagia.

Namun, kebiasaan ini bisa memperparah stres dalam jangka panjang. Makanan-makanan seperti keripik kentang, soda, dan junk food lainnya bisa membuat kadar gula darah naik secara tiba-tiba.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X