Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/11/2020, 09:32 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Anjing merupakan salah satu sahabat yang baik bagi manusia. Mereka bisa diajak bermain di rumah dan menemani kita saat berjalan ke luar rumah.

Bahkan, memelihara hewan ini membuat kita merasa jauh lebih bahagia dan mampu menghilangkan perasaan kesepian.

Maka tidak heran, kalau memiliki anjing peliharaan ternyata dapat meningkatkan kualitas kesehatan secara fisik dan mental.

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ini ada beberapa manfaat kesehatan lainnya yang dapat diperoleh dari memelihara anjing, seperti dilansir dari laman Insider.

1. Membuat lebih sehat

Setiap orang yang tinggal dengan anjing, terutama orang lanjut usia memiliki respons yang lebih baik terhadap stres, tekanan darah rendah, dan umur yang lebih lama.

Hal tersebut dibuktikan dalam sebuah tinjauan komprehensif terhadap studi yang diterbitkan antara tahun 1950 dan 2019.

Selain itu, memelihara anjing juga dapat mengurangi insiden terjadinya penyakit kardiovaskular, serta membantu orang pulih lebih cepat dari operasi.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Menurut Harvard Health, memelihara anjing bisa mengurangi kadar kolesterol, trigliserida, dan tekanan darah.

Manfaat kesehatan ini menunjukkan, bahwa menghabiskan waktu berkualitas bersama anjing, seperti mengajaknya jalan-jalan, dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.

3. Melakukan banyak aktivitas fisik

Sebuah studi tahun 2019 menemukan, pemilik anjing hampir empat kali lebih mungkin untuk memenuhi pedoman aktivitas fisik harian.

Mereka berjalan hampir 300 menit setiap minggu saat berada di luar bersama anjingnya. Itu 200 menit lebih banyak daripada orang yang berjalan tanpa anjing.

"Anjing adalah teman olahraga terbaik. Meskipun anjing hanya perlu berjalan-jalan beberapa kali sehari, mereka masih dapat mendorong kita untuk lebih aktif secara fisik."

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com