Kompas.com - 10/11/2020, 19:54 WIB
Cokelat hitam ThinkstockCokelat hitam

KOMPAS.com - Selama ini kita kerap mendapat informasi berlimpah tentang beragam cara untuk mencapai penurunan berat badan.

Seolah-olah, kelebihan berat badan menjadi satu-satunya masalah kita terkait bobot tubuh dan kesehatan.

Padahal, pada sisi yang lain terdapat tak sedikit orang yang ternyata mengalami kesulitan untuk menaikkan berat badannya.

Baca juga: Tak Makan Malam Bantu Turunkan Berat Badan, Benarkah?

Orang-orang dengan kondisi semacam ini biasanya kerap mengaku telah berusaha makan sebanyak mungkin demi menambah bobotnya, tapi sulit tercapai.

Nah, dalam artikel berikut ini akan dipaparkan secara sekilas mengenai sejumlah makanan yang bisa membantu pertambahan berat badan.

1. Susu

Sejak beberapa dekade silam, susu telah digunakan sebagai asupan penambah berat badan atau pun pembangun otot.

Susu mampu memberikan keseimbangan protein, karbohidrat, dan lemak baik, serta menjadi sumber kalsium, vitamin, dan mineral lainnya.

Bagi mereka yang mencoba menambah otot, susu adalah sumber protein yang sangat baik yang menyediakan protein kasein dan whey.

Penelitian bahkan menunjukkan susu dapat membantu kita menambah otot saat dikombinasikan dengan angkat beban.

Selain itu, penelitian juga mengungkap, susu, atau whey dan kombinasi kasein, dapat menyebabkan peningkatan massa yang lebih besar daripada sumber protein lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Healthline
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X