Kompas.com - 11/11/2020, 10:18 WIB
Ilustrasi daging merah yang dimasak menjadi steak. Studi mengungkapkan cara memasak daging yang sempurna belum tentu baik bagi penderita penyakit jantung. SHUTTERSTOCK/Marian WeyoIlustrasi daging merah yang dimasak menjadi steak. Studi mengungkapkan cara memasak daging yang sempurna belum tentu baik bagi penderita penyakit jantung.
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Sudah lama daging merah dianggap sebagai pemicu berbagai penyakit seperti diabetes, kanker, dan penyakit jantung. Di sisi lain, daging putih dianggap sebagai pilihan yang jauh lebih sehat.

Namun faktanya, kedua jenis daging ini sama-sama dapat meningkatkan kolesterol darah.

Artinya, jika ingin menjaga kadar kolesterol tetap terjaga, ada baiknya membatasi konsumsi daging secukupnya.

Sayuran, produk olahan susu, dan biji-bijian atau kacang-kacangan bisa jadi pilihan yang lebih bersahabat untuk kadar kolesterol.

Baca juga: 11 Hal yang Terjadi pada Tubuh bila Terlalu Banyak Makan Daging

Perbedaan daging merah dan daging putih

Merunut ke cirinya, daging merah mengandung lebih banyak mioglobin, protein penyimpan oksigen dan menyalurkannya ke jaringan otot.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada hewan, otot yang lebih sering digunakan akan berwarna gelap. Itu sebabnya, paha ayam bisa tampak lebih gelap ketimbang dada.

Di dunia kuliner, daging putih biasanya digunakan untuk menyebut daging ayam dan kalkun, sementara daging merah mengacu pada daging sapi, babi, dan domba.

Perbedaan utama kedua jenis daging ini adalah kadar lemak di dalamnya. Daging putih mengandung protein rendah lemak, sementara daging merah memiliki kadar lemak lebih tinggi.

Namun, kandungan nutrisi seperti zat besi, zinc, dan vitamin B juga lebih tinggi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.