Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/11/2020, 12:17 WIB
Maria Adeline Tiara Putri,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Penggunaan aplikasi kencan mengalami peningkatan di tengah pandemi. Tapi, di sisi lain masih ada yang ragu menggunakannya karena takut menjadi korban penipuan atau scamming.

Diakui oleh Violet Lim selaku CEO Lunch Actually Group-perusahaan penyedia layanan kencan, tindak kejahatan seperti scamming memang rentan terjadi di aplikasi kencan.

Menurutnya ini adalah tantangan di tengah kemajuan teknologi. Kendati demikian, ada beberapa cara untuk menghindari terjadinya scamming.

1. Pilih aplikasi yang terpercaya

"Banyak aplikasi kencan yang berbahaya. Jadi sebelum menggunakan, pastikan aplikasinya sudah terverifikasi," kata Violet dalam acara virtual kemarin.

Baca juga: Tips Sukses Cari Jodoh Pakai Aplikasi Kencan di Tengah Pandemi

2. Periksa profil calon

Selanjutnya saat hendak 'memilih' seseorang, periksa profilnya dengan seksama. Sekarang ini beberapa aplikasi kencan sudah menyediakan fitur verifikasi yang muncul di profil.

3. Telusuri foto profil

Kemudian ketika ada "match" jangan langsung percaya begitu saja. Violet menyarankan untuk memeriksa foto profil tersebut di mesin pencari.

"Seperti di Google ada tools untuk melihat foto dan mencarinya. Kalau foto profilnya muncul dimana-mana dan tidak sesuai dengan keterangan di profil, maka bisa dipastikan itu scam," katanya.

4. Ajak kencan lewat video

Apabila semuanya tampak aman, pengguna aplikasi kencan bisa mengajak orang yang cocok itu untuk melakukan video dating atau kencan virtual.

Bertemu lewat video membantu pengguna untuk membuktikan "match" adalah orang yang benar atau bukan. Ajak ngobrol untuk mencari informasi lebih mendalam.

Jika ada sesuatu yang mencurigakan seperti sosoknya terlihat sangat sempurna, maka patut dicurigai.

"Misal orangnya terlihat cantik sekali, tampan sekali, atau bahkan kaya raya sekali. Ini bisa dicurigai," ujar Violet.

Baca juga: Simak, 6 Tips Jitu Memulai Obrolan di Aplikasi Kencan Online

5. Laporkan

Dirinya mengingatkan, aplikasi kencan memang harus digunakan secara hati-hati. Bila pengguna menjadi korban scamming, maka jangan sepenuhnya mengontrol sendiri.

Pengguna bisa melaporkan orang yang menipunya ke penyedia layanan aplikasi kencan agar di-blacklist. Namun apabila penipu sangat membahayakan, pengguna dapat melaporkannya ke pihak berwajib.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com