Kompas.com - 11/11/2020, 19:48 WIB

KOMPAS.com - Serangan jantung sering digambarkan dengan nyeri dada yang hebat. Walau hal itu tidak salah, tetapi nyeri dada bukan satu-satunya penanda adanya penyumbatan pembuluh darah yang memicu serangan jantung.

Ada tanda-tanda lain yang tanpa disadari mengindikasikan seseorang terkena serangan jantung.

Melalui siaran langsung di Instagram @Ekahospital, Rabu (11/11/2020), dokter spesialis jantung dan pembuluh darah RS Eka Hospital, Dr Markz Roland Mulia Pargomgom Sinurat, SpJP menjelaskan beberapa tandanya.

Menurut dia, ketika seseorang sudah mulai keringat dingin disertai dengan rasa mual sudah bisa menjadi ciri-ciri timbulnya serangan jantung.

"Kalau keringat dingin sampai bajunya basah itu bisa diidentifikasi sebagai gejala serangan jantung," katanya.

Kemudian, saat nyeri dada terasa berat hingga menjalar ke punggung dan lengan itu juga merupakan tanda-tanda serangan jantung yang harus diwaspadai.

Baca juga: Pahami, Hubungan antara Stres dan Potensi Serangan Jantung

"Yang paling parah apabila sudah sampai sesak napas, pingsan, dan bahkan mengalami kejang, harus segera dibawa ke rumah sakit dengan cepat," paparnya.

Pencegahan

Penanganan yang cepat di rumah sakit sangat memengaruhi kemampuan pasien serangan jantung bertahan. Meski begitu, lebih baik jika kita dapat mencegah dengan mendeteksi faktor penyebabnya sejak dini.

Markz menuturkan, terdapat dua faktor risiko yang menyebabkan serangan jantung yakni faktor yang dapat diubah dan tidak dapat diubah.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.