Kenalan Sama Alocasia, Tanaman Cantik dari Hutan Belantara

Kompas.com - 11/11/2020, 20:34 WIB
Tanaman hias Alocasia. ShutterstockTanaman hias Alocasia.

KOMPAS.com - Merawat dan membudidaya tanaman menjadi tren di tengah pandemi karena virus corona.

Masyarakat ramai-ramai menanam tanaman hias untuk mempercantik kediamannya, maupun untuk melepas stres.

Beberapa nama tanaman hias pun menjadi populer dan diburu masyarakat. Salah satu tanaman yang kini dicari adalah Alocasia.

Alocasia merupakan keluarga dari Araceae atau umbi-umbian yang banyak hidup di hutan hujan tropis basah seperti di wilayah Kalimantan.

Sayangnya, masyarakat masih sulit membedakan Alocasia dengan caladium atau keladi. Padahal, Alocasia dan keladi, memiliki perbedaan yang signifikan.

Pada Caladium, umbi utamanya akan mengeluarkan tunas yang nantinya akan menjadi anakan keladi. Sedangkan untuk Alocasia, anakan, atau tunas baru akan tumbuh terpisah dari umbi utama.

Untuk merawat dan memperbanyak Alocasia, meang tidak sulit. Berikut adalah tips dan trik merawat dan mengembangbiakkan Alocasia dari Oranje Garden yang diunggah di channel Youtubenya dengan judul “Jenis-jenis Alocasia dan Tips Perawatan”

Baca juga: 7 Tanaman Hias yang Sedang Populer dan Kisaran Harganya

Media tanam

Untuk media tanam, Oranje Garden menyarankan agar tetap menjaga kesuburan dan kelembabannya.

Media tanam bisa menggunakan daun bambu hingga cacahan pakis. Perlu dicatat, media tanam harus tidak terlalu menyimpan air, namun tetap menjaga kelembaban.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X